+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Salam Research
Kali ini, SRCR (Students Research Center Revolution) yang merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Jember memiliki program kerja dengan event yang besar yaitu 4th Hypothalamus Competition. 4th Hypothalamus Competition merupakan ajang kompetisi antar fakultas kesehatan seluruh Universitas yang ada di Indonesia yang sudah memasuki tahun ke empat, kali ini mengusung tema “Holistic Approaches to Decrease the Transmission of Pediatric Infection Disease” dengan lima cabang lomba antara lain Poster Publik, Poster Ilmiah, Literatur Review, Video Edukasi dan Essai Ilmiah. 4th Hypothalamus Competition ini telah diikuti oleh 26 Universitas yang ada di Indonesia, rangkaian acara dari kegiatan 4th Hypothalamus Competition dimulai pada tanggal 20 April 2018 sampai 22 April 2018.

Acara pada hari pertama yaitu pada tanggal 20 April 2018 dengan kegiatan berupa Welcoming Party, acara ini bertujuan untuk menyambut peserta 4th Hypothalamus Competition dengan rangkaian berupa makan malam bersama kemudian acara dibuka dengan Tarian Bayuwangi yang dibawakan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jember untuk mengenalkan seni dari daerah Jawa Timur kepada peserta.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia 4th Hypothalamus Competition yaitu Maghfiroh yang Arif mengjak teman – teman peserta untuk selalu berusaha berjuang untuk menuntaskan masalah kesehatan yang ada di Indonesia. Selanjutnya sambutan dari Ketua SRCR (Students Research Center Revolution) Muhammad Yuda Nugraha, kemudian dilanjutkan sambutan dari Wakil Ketua BEM Ichlasul Amal, dan dilanjutkan sambutan dari Wakil Dekan 3 dr. Muhammad Ali Shodikin, M. Kes, Sp. A mengjak para pemuda untuk tetap mengamalkan isi dari sumpah pemuda salah satunya dengan mengikuti kegiatan yang positif untuk kemajuan Indonesia.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan pemecahan kendi oleh dr. Muhammad Ali Shodikin, M. Kes, Sp. A bersama dr. Ancah Caesarina NM, PhD sebagai penanda bahwa 4th Hypothalamus Competition telah dibuka, kemudian acara dilanjutkan dengan technical meeting. Technical meeting ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antar peserta 4th Hypothalamus Competition rangkaian technical meeting berupa pembacaan peraturan, mekanisme, dan sesi tanya jawab pada setiap masing cabang lomba, dan pengambilan nomer urut presentasi, rangkaian acara telah selasai dan peserta diminta kembali ke tempat penginapan.

Hari kedua Hypothalamus Competition telah tiba, para peserta Hypothalamus Competition bersiap-siap untuk menuju ke tempat kompetisi yaitu di kampus Fakultas Kedokteran Universitas Jember, hari kedua ini merupakan hari untuk peserta menunjukkan karya mereka di depan juri, acara dimulai pukul 08.00, para delegasi memasuki ruangan sesuai dengan cabang lomba masing-masing, dimana tiap cabang lomba terdiri dari 10 tim dan 11 tim untuk cabang lomba video edukasi dan poster publik, satu persatu peserta dipanggil untuk mempresentasikan karya, setelah itu juri mengajukan pertanyaan. Setelah peserta melakukan presentasi acara selanjutnya yaitu foto bersama dan penyerahan sertifikat kepada juri, beberapa juri berpendapat jika sangat susah untuk menentukakan juara karena peserta tampil sangat kreatif dan menarik.

Kemudian acara dilanjutkan dengan istirahat, sholat, dan makan, waktu menunjukkan pukul 13.00 kemudian peserta bersiap-siap untuk mobilisasi menuju ke Pantai Papuma. Sesampainnya di Papuma para peserta diajak untuk bermain bersama panitia, rasa tegang setelah presentasi mulai terlupa dari pikiran para peserta, mereka beberapa menikmati sunseat, berfoto, dan bermain. Hari mulai malam dan mereka kambali mobilisasi untuk menuju ke hotel Panorama.

Setelah sampai di hotel Panorama para delegasi bersiap untuk menuju ke Warung Kembang, tempat tersebut merupakan tempat yang akan dijadikan untuk acara Farewell Party sekaligus pengumuman juara. Berdandan cantik dan tampan, para delegasi turun dari bis disambut dengan fotobooth yang disediakan oleh panitia, rasa senang dan was-was mulai tergambar di wajah para delegasi, dan sambil menunggu acara dibuka peserta diminta untuk makan malam. Farewell Party dibuka dengan sambutan dari Ketua Panitia, Ketua SRCR, dan Wakil Ketua BEM. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan tari dari UKM Pusat Universitas Jember dan nyanyian dari UKM Arteri FK UNEJ.

Rasa penasaran mulai terlihat dari wajah para delegasi, karena setelah ini MC akan mengumumkan juara dari masing-masing cabang lomba. Pengumuman pertama dimulai dengan pengumaman peserta ter-heboh jatuh kepada Muhammad Ilham Mahda dari (UNS)
Ter-Humble jatuh kepada Dennis Ievan Hakim dari (UB) dan Ter-Kartini jatuh kepada Vyanda Sri Weningtyas dari (UII). Detik-detik yang sebenarnya ditunggu tiba MC mulai memberikan peringatan kepada peserta untuk tetap tenang karena layar proyektor akan memutar pengumuman juara dari masing-masing cabang lomba. Dimulai dari pengumuman cabang lomba Essai Ilmiah juara 3 Satria Bintang Mahathmai dari Universitas Islam Indonesia, juara 2 Muhammad Habiburrahman dari Universitas Indonesia dan juara 1 Pradana Ady Saputra dari Universitas Lambung Mangkurat. Kemudian pengumuman dilanjutkan cabang lomba Literatur Review juara 3 dari Tim Astrid Ganadya Universitas Jember, juara 2 dari Tim Winona May Hendrata Universitas Airlangga dan juara 1 dari Tim Alfian Novanda Yosanto Universitas Islam Indonesia. Cabang lomba Video Edukasi dimulai dari Video Terfavorit dari Tim Firman Maulana Ihsan Universitas Jember juara 3 dari tim Rachmat Aldhi Wijayanto Universitas Gajah Mada, juara 2 dari Tim Muhammad Ilham Malda Universitas Sebelas Maret dan juara 1 dari Tim Ni Kadek Meta Jayanti Universitas Warmadewa. Cabang lomba Poster Publik dimulai dari Poster Publik ter-Favorit dimenangkan oleh Tim Anandia Nafisah Putri Universitas Airlangga, Juara 3 dari Tim Rani Nurvita Universitas Airlangga, Juara 2 dari Tim Almas Fahrana Universitas Jember dan Juara 1 dari Tim Adinda Putri Zahrah Universitas Brawijaya. Cabang lomba poster ilmiah Juara 3 dari Tim Cagar Irwin Taufan Pamungkas Universitas Jember Juara 2 dari Tim Nurita Adha Dianti Universitas Indonesia dan juara 1 dari Tim Achmad Firdaus Pamudya Wardhana Universitas Airlangga. Kemudian acara diakhiri dengan foto bersama dan mobilisasi peserta ke Hotel Panorama.

Rangkaian acara hari ketiga Hypothalamus Competition yaitu Seminar dan Workshop “Holistic Approaches to Decrease The Transmision of Pediatric Infection Disease”
oleh : dr. Ayu Ekamila, M. Kes. Sp. A dan dr. Supangat, M. Kes. PhD. Sp. BA. Acara dimulai pukul 08.00 di Auditorium FK UNEJ dengan pemateri pertama dari dr. Ayu Ekamila, M. Kes. Sp. A yang membawa topik Diagnosis and Management of Pneumonia in Children, antusias para delegasi tetap bertahan banyak para delegasi yang mengajukkan pertanyaan dan tertarik dengan topic bahasan tersebut. Pemberian sertifikat kepada pemateri dan moderator kemudian acara selanjutnya yaitu istirahat, sholat dan makan, kemudian peserta kembali lagi menuju ke Auditorium dan dilanjutkan dengan pemateri kedua dari dr. Supangat, M. Kes. PhD. Sp. BA yang membawakan topik tentang Update on Enterocolitis Management, tak jauh beda dengan pemateri yang pertama, para peserta tetap antusias mengikuti seminar dan mencoba untuk mengikuti workshop. Acara berakhir pukul 13.00 berakhirnya acara seminar dan workshop berakhir sudah rangkaian acara 4th Hypothalamus Competition, selamat kepada para juara dan sampai bertemu di Hypothalamus Competition 2019.

Penulis: Rendra Syani Ulya Fitri (162010101019)

Related Post