0331-337877 fk@unej.ac.id

1492227433979

Pada hari ini, Jumat, 14 April 2017 di SDN 2 Darsono Desa Darsono Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember, telah dilaksanakan rangkain kegiatan Desa Binaan II oleh BEM Fakultas Kedokteran Universitas Jember. Kegiatan Desa Binaan II yang diadakan hari ini merupakan lanjutan dari kegiatan Desa Binaan I dan Volunteer yang sudah dilaksanakan bulan-bulan sebelumnya. Acara yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan ini diisi oleh dr. Edy Nurtjahja, Sp.P, materi yang disampaikan adalah tentang ISPA yang merupakan penyakit dengan prevalensi tertinggi di desa darsono. Warga yang hadir dalam acara tersebut merupakan ibu-ibu dari komunitas kemuslimatan di desa darsono.
Acara dimulai dengan sambutan oleh ketua panitia, ketua BEM, dan kepala desa darsono. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang disampaikan dan dikemas dengan apik oleh dokter edi tercinta, karena pengalaman beliau yang sering melakukan penyuluhan dan bakti sosial ke tempat-tempat terpencil membuat warga merasa nyaman dan mampu berinteraksi dengan baik karena dokter edi menyampaikan dengan bahasa Madura yang menjadi bahasa sehari-hari mayoritas warga darsono.
Setelah materi selesai, acara dilanjutkan dengan kuis berupa pertanyaan-pertanyaan seputar ISPA, untuk mengetahui sejauh mana materi diserap oleh ibu-ibu peserta. Selama kuis ibu-ibu tampak aktif dan tertawa ceria, ada jawaban yang lucu dan banyak yang meniru jawaban disampingnya, adanya hadiah bagi penjawab membuat ibu-ibu semangat mengangkat bendera.
Acara selanjutkan adalah diskusi, semacam tutorial, ibu-ibu dibentuk kelompok dan dibimbing oleh LO dari panitia untuk berdiskusi perihal ISPA. Ada yang aktif dan ada yang diam karena terkendala bahasa. Acara ini ditutup dengan game bernama komunikata, meskipun banyak yang sudah berusia tua tapi tetap semangat dan tertawa ria, bahagia melihatnya.
Semoga kedepannya BEM FK UNEJ lebih bermanfaat dan membawa pengaruh positif bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Translate »