Media pembelajaran di hampir setiap laboratorium mengharuskan adanya pembaruan, hal ini bertujuan agar mahasiswa lebih tertarik dan terjadi proses dua arah antara mahasiswa dan dosen. Menggunakan fasilitas teknologi, labarotorium anatomi fakultas kedokteran universitas jember mulai mengaplikasikannya diawal ajaran baru ini.
Pemanfaatan teknologi ini dengan menggunakan media video live yang hasilnya bisa dilihat melalui layar secara langsung dan rekaman yang dihasilkan bisa dijadikan bahan materi sebagai bahan pembelajaran mahasiswa, dengan cara seperti ini tidak ada ceritanya lagi mahasiswa tidak jelas dengan preparat atau bahan praktikum.
Kita semua tahu setiap mahasiswa diwajibkan harus memahami setiap struktur yang begitu banyak dan bahkan beberapa sangat kecil dalam anatomi, tetapi dengan metode pemanfaatan teknologi struktur yang tadinya kecil bisa kita lihat secara jelas tanpa sulit.
Beberapa mahasiswa juga memberikan respon yang baik, karena semakin mudah untuk belajar anatomi. Rizal salah satu mahasiswa fakultas kedokteran universitas jember mengatakan, “saya semakin tertarik dan mudah untuk mempelajari anatomi, dan kenapa tidak dilakukan dari dulu”.

Translate »