+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Kawanda merupakan salah satu aplikasi penyimpanan didalam drive yang memiliki fungsi sama dengan drive penyimpanan yang telah ada sebelumnya seperti google drive maupun nextcloud. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat berbagai macam file seperti dokumen, spreadsheet, presentation, maupun file lain. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengakses dan membagikan file, kontak, email atau lainnya dari berbagai device. Aplikasi ini dapat diakses secara gratis oleh mahasiswa Universitas Jember melalui laman kawanda.unej.ac.id, setelah itu log in melalui SISTER UNEJ.
Menu utama yang terdapat dalam aplikasi Kawanda ini antara lain : files, circles, activity, calendar, video calls, tasks, chat, contacts, dan setting (pengaturan). Di dalam menu file inilah kita dapat membuat dokumen baru, selain itu kita juga dapat men-share file yang kita miliki kepada orang lain yang terdapat pada kontak ataupun link. File juga memungkinkan kita untuk men-tag teman, menghapus file, melihat favorit maupun fitur lain yang barkaitan dengan pengolahan file.
Fitur circle membuat kita dapat menambahkan teman dan memasukkan seperti dalam sebuah grup. Apabila circle yang dibuat bersifat privat, saat kita join ke dalam circle tersebut harus dengan persetujuan owner. Dalam circle ini terdapat beberapa status diantaranya owner, admin, administrator, dan member. Fitur circle juga memungkinkan kita untuk mengetahui aktivitas dari teman kita yang bergabung dalam circle yang sama. Fitur activity memungkinkan kita untuk melihat kembali segala aktivitas yang telah kita lakukan di dalam aplikasi Kawanda ini, sedangkan untuk calendar hanya berisi fitur tentang kalender seperti yang terdapat pada handphone.

Video Tutorial Kawanda UNEJ

Related Post