Komisi Teknologi Informasi

Logo Unej

.

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS JEMBER
Alamat : Jalan Kalimantan 37 Kampus Bumi Tega Boto Jember 68121
Telpon : 0331 – 324446, 337877, Fax : 0331 – 337877
Email : fk@unej.ac.id, Website : http://fk.unej.ac.id

.

Dalam perkembangan teknologi informa¬si yang makin pesat sekarang ini, mendo¬rong adanya transisi pola kehidupan banyak orang. Berbasis pada pemanfaatan internet, orang mencari segala kebutuhan dengan mengakses internet.
Komisi Informasi Teknologi (IT) adalah sebuah komisi yang memfokuskan diri pada bidang IT dilingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Jember yang mempunyai tanggung jawab dalam hal publikasi, company profile website, jaringan dan computer based test (CBT). Komisi IT dibentuk dengan SK Dekan Nomor 2063/UN25.1.11/PT/2015.

Tugas Umum

  1. pengkajian, perencanaan, pengembangan, pengelolaan dan pemeliharaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan penerapannya di Fakultas Kedokteran Universitas Jember.
  2. Memberikan informasi dan sosialisasi teknologi informasi dan komunikasi kepada seluruh pengguna.
  3. Memberikan layanan bantuan teknis pada seluruh pengguna dalam hal penerapan dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
  4. Mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menyimpan data serta informasi dan memberikan layanan bagi manajemen dan pelaksanaan program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Fakultas Kedokteran Universitas Jember.

Tugas Khusus

  1. Menyusun kebijakan dasar pengembangan dan operasionalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi di Fakultas Kedokteran Universitas Jember.
  2. Menyusun masterplan pengembangan dan operasionalisasi Teknologi Informasi di lingkup Fakultas Kedokteran.
  3. Mengembangkan program, sistem jaringan dan sistem database yang mampu mengakomodasi seluruh fungsi administrasi dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat secara bertahap.
  4. Mengembangkan standar perangkat keras, jaringan dan perangkat lunak yang dipergunakan dalam kegiatan administrasi, manajemen dan proses belajar mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Jember.
  5. Mengatur penyediaan fasilitas perangkat keras dan jaringan bagi setiap unsur manajemen, administrasi, staf pengajar dan mahasiswa sesuai dengan otoritas dan fungsi yang ditetapkan.
  6. Menyediakan atau menfasilitasi ketersediaan program administrasi perkantoran dan pembelajaran secara legal (licensed) bagi setiap komponen sesuai dengan otoritas dan fungsi yang ditetapkan.
    Menyediakan dan atau mengembangkan program sistem informasi administrasi perkantoran, pembelajaran/pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan fakultas secara bertahap.
  7. Mengelola pelaksanaan proses Assesment (ujian berbasis CBT) baik tingkat lokal fakultas maupun tingkat nasional.
  8. Mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menyimpan data serta informasi
    Melaksanakan program sosialisasi dan pelatihan dalam bentuk Training of Trainer (TOT) maupun pelatihan pengguna akhir system.
  9. Mengelola pemeliharaan program, perangkat dan jaringan.
  10. Mengembangkan dan melaksanakan sistem pelayanan bantuan permasalahan operasionalisasi sistem informasi dan komunikasi bagi semua pengguna (help desk services).
  11. Mengelola serta mengembangkan website Fakultas Kedokteran Universitas Jember sehingga dapat diakses oleh semua pengguna maupun masyarakat umum.

Fungsi

  1. Mengkaji dan merencanakan pengembangan dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Menyediakan dan atau mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi di bidang administrasi dan pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  3. Memberikan layanan informasi dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.
  4. Menyediakan, mengumpulkan, mengolah data dan menyajikan informasi.
  5. Melakukan urusan tata usaha UPT TIK.

 

Komisi Informasi Teknologi
dr. Bagus Hermansyah, M.Biomed – Ketua
dr. Jauhar Firdaus – Sekretaris
dr. M. Afiful Jauhari – Anggota
dr. Sheila Rachmania – Anggota
Ahmad Kodri Riyandoko, A.Md.Kep – Website
Muhammad Saiful Hadi – Jaringan

 

Translate »