0331-337877 fk@unej.ac.id

Sejarah

Logo Unej

.FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS JEMBER
Alamat : Jalan Kalimantan 37 Kampus Bumi Tega Boto Jember 68121
Telpon : 0331 – 324446, 337877, Fax : 0331 – 337877
Email : fk@unej.ac.id, Website : http://fk.unej.ac.id

.

 SEJARAH SINGKAT FAKULTAS KEDOKTERAN

unej

Universitas Jember semula berasal dari universitas swasta yang bernama Universitas Tawang Alun yang berkedudukan di Jember, Jawa Timur yang didirikan pada tanggal 25 Nopember 1957 dibawah Yayasan Pendidikan Tawang Alun dengan Anggaran Rumah Tangga yang dibuat di hadapan Notaris di Jember dengan Nomor 13 tanggal 08 Maret 1958.
Pada awalnya Universitas Tawang Alun hanya mempunyai Fakultas Hukum saja dan pada tahun 1960 ditambah Fakultas Administrasi Niaga dan Perusahaan, yang kemudian menjadi Fakultas Sosial dan Politik.
Karena minat untuk memasuki perguruan tinggi sangat besar maka pada tahun 1962 ditambah dengan 2 Fakultas baru yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran yang berstatus negeri berdasarkan SK Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 95 tahun 1962 di bawah binaan Universitas Airlangga Surabaya dengan Dekan dr. Chr. Tjia, Chrurg
Oleh karena ada restrukturisasi Perguruan tinggi di Indonesia, berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP tanggal 05 Januari 1963 Universitas Tawang Alun menjadi binaan Universitas Brawijaya Malang dan berganti nama menjadi Universitas Brawijaya Cabang Jember. Fakultas Kedokteran Cabang Universitas Brawijaya di Jember pada waktu itu di pimpin oleh dr. Soenarjo.
Pada tanggal 09 Nopember 1964 diterbitkan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 151/1964 yang menyatakan bahwa Universitas Brawijaya Cabang Jember berdiri sendiri dengan status Negeri menjadi Universitas Negeri Djember yang disingkat UNED. Oleh karena Rumah Sakit dr. Soebandi Jember pada saat itu baik SDM maupun sarana dan prasarana belum siap sebagai “Teaching Hospital“, maka dengan SK yang sama untuk kegiatan Fakultas Kedokteran dibekukan dan semua mahasiswanya diijinkan (dengan Surat Keputusan Menteri PTIP) melanjutkan studi ke Fakultas Kedokteran Negeri dan Swasta di seluruh Republik Indonesia, kecuali ke Fakultas Kedokteran UI Jakarta, karena UI telah menerapkan kurikulum blok. Pengajar tetapnya waktu itu adalah : dr. Soenarjo, dr. Kwa Tjong Hwat, dr. Adiwiyanto dan dr. Mochtar. Pengajar luar biasa : semua dokter di kota Jember.
Sejak tahun 1990 dirintis kembali pembentukan Fakultas Kedokteran di Jember dengan membuat proposal Program Studi Pendidikan Dokter dan mendapat dukungan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Timur dan respons yang positif dari Gubernur Kepala Daerah Tingkat I di wilayah Indonesia Timur yaitu NTB, NTT dan Timor Timur.
Pada tahun 1997 diadakan Lokakarya Pengembangan Fakultas – Fakultas Kesehatan di Lingkungan Universitas Jember oleh Prof. Dr. Ma’rifin Husin sebagai Ketua Konsorsium Ilmu Kesehatan. Dimulailah era baru untuk persiapan pembentukan program tersebut yang kemudian diikuti oleh beberapa Lokakarya mengenai Kurikulum, Kesiapan RSUD. dr. Soebandi Jember, Kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya dan kerjasama dengan Rumah Sakit Kabupaten di sekitar Jember seperti Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi, dan diakhiri dengan kunjungan Komisi Disiplin Ilmu Kesehatan pada tanggal 27 Desember 1999 dalam rangka pembukaan Program Studi Pendidikan dokter.
Pada tanggal 27 April 2000 dikeluarkan Keputusan dari Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 120/Dikti/Kep/2000 tentang pembukaan Program Studi S –1 Pendidikan Dokter di Universitas Jember, dengan ketua program studi Prof. dr. Soenarjo. Pada tanggal 02 Januari 2003 : RSUD dr. Soebandi Jember diresmikan oleh Menteri Kesehatan R.I menjadi Rumah Sakit Type B Pendidikan sebagai “ Rumah Sakit Pendidikan “ bagi Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Jember.
Sejak tanggal 19 Juni 2006 telah terbit SK Nomor : 4557/J25/PP.9/2006 tentang pembentukan Fakultas Kedokteran Universitas Jember dengan dekan pertama adalah dr. Wasis Prajitno, Sp.OG.
Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atas Program Studi yang memiliki ijin operasinal sah dari Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian lain Nomor : 008/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VI/2011 tanggal 23 Juni 2011 Fakultas Kedokteran Universitas Jember telah terakreditasi dengan peringkat B.
Hasil pencapaian itu meningkat pada tahun 2016 setelah Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM PT-Kes) dengan predikat “Akreditasi A” dengan surat keputusan nomor : 0803/LAM-PTKes/Akr/Sar/X/2016 untuk Pendidikan Kedokteran dan surat keputusan nomor 0804/LAM-PTKes/Akr/Pro/X/2016 untuk Profesi Dokter.

Translate »