0331-337877 fk@unej.ac.id

Pendidikan Dokter

Logo Unej

.FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS JEMBER
Alamat : Jalan Kalimantan 37 Kampus Bumi Tega Boto Jember 68121
Telpon : 0331 – 324446, 337877, Fax : 0331 – 337877
Email : fk@unej.ac.id, Website : http://fk.unej.ac.id

.

almamater

Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK UNEJ) adalah fakultas kedokteran relatif muda yang baru berdiri pada tahun 2002 yang merupakan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia, karena dalam kurun waktu relatif singkat FK UNEJ telah meraih akreditasi “A” baik program studi pendidikan kedokteran maupun program studi profesi dokter dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM PT-Kes). FK UNEJ memiliki komitmen kuat untuk menjamin mutu penyelenggaraan pendidikan kedokteran dengan menyelenggarakan pendidikan profesional dan mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan fakultas kedokteran universitas yang lain terutama dalam bidang agromedis dan berbasis kompetensi sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Rencana strategis secara terarah dan sistematis memandu FK UNEJ untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan, serta memperbaiki sistem manajemen pendidikan.

FK UNEJ telah membuka akses dan mengakomodasikan seluruh anak bangsa untuk mengenyam pendidikan tinggi. Data menunjukkan bahwa mahasiswa baru tahun 2012–2015 berasal dari 12 provinsi di Indonesia. Data tersebut menunjukkan bahwa FK UNEJ tidak memberlakukan kebijakan pembatasan calon mahasiswa baru FK UNEJ berdasarkan suku maupun ras.

Keragaman mahasiswa tersebut memberi tanggung jawab lebih kepada FK UNEJ untuk dapat menyelenggarakan suatu pendidikan kedokteran yang membekali lulusan dengan pengetahuan menyeluruh tentang kedokteran dan kesehatan dengan biaya yang efisien sehingga dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat tentunya didukung dengan peraturan pemerintah tentang sistem UKT yaitu biaya kuliah tunggal yang ditanggung setiap mahasiswa per semester, yang sudah disubsidi oleh pemerintah yang juga disesuaikan dengan penghasilan dari orangtua.

Visi
Menjadi program studi pendidikan dokter yang unggul dalam bidang agromedis di Asia Tenggara tahun 2025

Pernyataan visi FK UNEJ menjadi lembaga pendidikan yang unggul dimaksudkan bahwa FK UNEJ harus menjadi lembaga pendidikan yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran bagi kepentingan kemanusiaan dan menghasilkan karya atau produk yang memiliki daya saing global.

FK UNEJ juga diharapkan menjadi pusat pendidikan agromedis dimaksudkan bahwa FK UNEJ bertekad untuk mengembangkan ilmu kedokteran yang terkait dengan aktivitas agroindustri meliputi aplikasi ilmu kedokteran untuk promosi kesehatan, preventif, kuratif dan keselamatan kerja petani dan keluarganya, para pekerja dan konsumen produk pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan dan maritim.
Dalam mengimplementasikan visi dan misi, sivitas akademika FK UNEJ harus menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan melekatkannya dalam bentuk sikap dan perilaku jujur, adil, obyektif, kritis, kreatif, terbuka, santun, bertanggung jawab, mandiri dalam membangun institusi yang sehat, berorientasi pada kualitas, inovatif, dinamis, dan efisien dengan menerapkan prinsip kebersamaan, kemanfaatan, dan kesejahteraan.

.Misi

  1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi yang berbasis agromedis, berkualitas, dan berwawasan ecotechnopreneurship.
  2. Melaksanakan penelitian yang inovatif dalam rangka pengembangan bidang agromedis.
  3. Mengaplikasikan agromedis dalam kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berbasis kearifan lokal.
  4. Mengembangkan sistem pengelolaan fakultas yang akuntabel dan bertaraf internasional.
  5. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholders dan lembaga lain bidang agromedis di dalam dan di luar negeri.

 

Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jember sesuai dengan visi dan misi adalah:

  1. Menghasilkan lulusan dokter yang kompeten dalam kemampuan generik dokter yang memiliki keunggulan di bidang agromedis.
  2. Menghasilkan karya penelitian dan publikasi yang mendukung perkembangan agromedis.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan unggulan komunitas pertanian industrial .
  4. Terwujudnya budaya kerja yang tinggi dengan memantapkan penerapan sistem manajemen mutu yang akuntabel, efektif dan efisien berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
  5. Menjadi salah satu pusat pendidikan, penelitian dan agromedis di Asia Tenggara.
Translate »