Perpustakaan

Logo Unej

.FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS JEMBER
Alamat : Jalan Kalimantan 37 Kampus Bumi Tega Boto Jember 68121
Telpon : 0331 – 324446, 337877, Fax : 0331 – 337877
Email : fk@unej.ac.id, Website : http://fk.unej.ac.id

.

Perpustakaan Universitas Jember yang eksistensinya dimulai pada akhir tahun 1961, atau semenjak perpustakaan Universitas Tawang Alun di buka. Perlu diketahui bahwa Universitas Jember sendiri bermula dari sebuah universitas swasta yang bernama Universitas Tawang Alun yang di dirikan pada tanggal 4 November 1957.

Pada awal berdirinya perpustakaan menempati sebuah ruangan berukuran 20 m2 dengan koleksi sebanyak 200 eksemplar dan dikelola oleh 2 (dua) orang petugas. Sebahagian koleksi yang dimiliki kala itu berasal dari titipan beberapa dosen, hadiah dari instansi pemerintah, lembaga swasta atau asing serta dari bantuan hibah.

Pada tahun 1974 perpustakaan menempati gedung baru berukuran 68 m2 yang berlokasi di jalan Puntadewa sebelah utara PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) dengan jumlah koleksi sebanyak 15.000 eksemplar yang dikelola oleh 6 (enam) orang petugas. Sepuluh tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1984 perpustakaan menempati gedung baru seluas 200 m2 serta mempunyai koleksi sebanyak 29.000 eksemplar dan dikelola oleh 20 orang petugas.
Pada tahun 1986 UNEJ membangun gedung baru berlantai tiga yang pemanfaatannya diberikan kepada perpustakaan, gedung baru ini berdiri diatas tanah seluas 7.448,72 m2. Pada saat ini bangunan yang digunakan oleh UPT Perpustakaan UNEJ seluas 3.022 m2, sedangkan sisa nya di gunakan ruang perkuliahan dan ruang administrasi oleh program studi sistem informasi.

Untuk meningkatkan mutu secara berkelanjutan, relevan dan efisien, maka Perpustakaan Universitas Jember memerlukan fasilitas pendukung, khususnya perpustakaan yang dikelola secara baik. Akselerasi peningkatan kemampuan Perpustakaan Universitas Jember telah dilakukan dalam kurun waktu delapan tahun terakhir ini, khususnya untuk memenuhi kebutuhan proses manajemen perpustakaan dengan mengembangkan dan menerapkan sistem otomasi perpustakaan. Melalui berbagai program manajemen dan kerjasama Perpustakaan Universitas Jember memperoleh penghargaan sebagai perpustakaan yang dapat mengembangankan dan menerapkan informasi dan teknologi dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan grand TPSDP, periode 2004-2007 yang bertujuan pengembangan manajemen dan penyediaan sarana IT.

Tepat pada tanggal 6 November 2009, UPT Perpustakaan Universitas jember dinyatakan telah memenuhi persyaratan sistem manajemen mutu dan layak menerima sertifikat ISO 9001:2008. Untuk memperoleh ini, UPT Perpustakaan UNEJ harus mempersiapkan diri selama 1 tahun dengan membuat dokumen-dokumen mutu dan menjalani audit internal oleh Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UNEJ dan audit eksternal oleh MALCA-KAN (Komite Akreditasi Nasional). Sistem manajemen mutu UPT Perpustakaan UNEJ disusun selaras dengan persyaratan ISO 9001:2008. adapaun cakupan yang diimplementasikan untuk mendapatkan sertifikasi adalah, pengolahan buku dan layanan sirkulasi persyaratan tersebut dipenuhi dengan membuat prosedur-prosedur operasional standar yang dilengkapi dengan intruksi kerja dan formulir yang diperlukan. ISO bukan tujuan akhir akan tetapi suatu proses untuk mencapai tujuan serta mencapai sasaran kualitas layanan yang berstandar, tujuan akhir dari kegiatan ini adalah tercapainya kepuasan pelayanan yang diberikan dari sudut pandang pemustaka. 

Informasi lebih banyak silakhan menghubungi :
UPT PERPUSTAKAAN
UNIVERSITAS JEMBER
JL. Kalimantan 37 Kampus Bumi Tegal Boto 68121
Jember, Jawa Timur, Indonesia
Website : perpustakaan.unej.ac.id
Webpac (Katalog) : library.unej.ac.id
Email : library@unej.ac.id
TELP : (+62) 331 333 860

 


Translate »