+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Hari minggu, 08 April 2018 BEM FK UNEJ telah mengadakan acara Fodisma (Forum diskusi mahasiswa). Fodisma merupakan acara rutin yang diadakan setiap tahun, kegiatan ini merupakan wadah bagi mahasiswa kesehatan di jember untuk meningkatkan kemampuan berdiskusi dan berpikir kritis terhadap isu-isu terkait kesehatan. Tahun ini, fodisma mengusung tema Interprofessional education (IPE), yakni sebuah pendekatan penting bagi mahasiswa kesehatan untuk memberikan perawatan pasien dalam lingkup tim sehingga meningkatkan kualitas perawatan pasien, menurunkan biaya, dan mengurangi medical errors.
Acara ini dibuka langsung oleh wakil rektor 1 Universitas Jember Bapak Drs. Zulfikar, Ph.D, dalam kesempatan ini beliau berpesan agar mahasiswa dapat melatih skill komunikasi dan kerjasama lewat acara ini. Perwakilan dekan dr. M. Ali Shodikin, M.Kes., Sp.A., juga berkesempatan hadir dan memberikan pesan kepada seluruh peserta agar lebih memahami peran antar profesi kesehatan serta dapat menyelaraskan ilmu yang telah mereka dapat. Tak lupa, beliau memberikan apresiasi kepada bem fk unej serta seluruh panitia yang telah mensukseskan acara fodisma kali ini.
Fodisma tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya karena terdapat sesi small grup discussion. Pada sesi ini seluruh peserta dibagi menjadi kelompok kecil, lalu tiap kelompok berdiskusi mengenai sebuah kasus yang diberikan dan memaparkan hasil diskusinya. Adapun sesi talkshow interaktif kali ini dipandu oleh dr. Sheila Rahmania sebagai moderator, dr. Arief Bakhtiar Sp. P dan Bapak Muhammad Zulfatul A’la, S. Kep., Ns., M. Kep. sebagai pakar interprofessional education.
Seluruh rangkaian acara berjalan lancar dan antusiasme peserta sangat terlihat. Dengan acara ini, diharapkan semua profesi bidang kesehatan dapat berkolaborasi dan bekerjasama dengan baik serta mengedepankan kesehatan pasien.

Penulis: Dinul Windy Berdia (162010101016)

Related Post