+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Be United As One, Build A Healthy Nation!

Yak, itulah tagline yang digunakan Hipotalamus Competition (HC) 2015. Hipotalamus Competition adalah suatu kompetisi menulis yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa SRCR Fakultas Kedokteran Universitas Jember. Kompetisi ini terdiri atas tiga bidang perlombaan, yaitu esai ilmiah, KTI, dan poster publik yang bertemakan “Integrative Professional Health Approach to MDGs 2015”. Tahun ini adalah pertama kalinya UKM SRCR menggelar HC 2015 dengan taraf nasional. HC 2015 diikuti oleh total 99 peserta dari berbagai universitas ternama di Indonesia. HC 2015 terdiri dari 2 babak, babak penyisihan dan babak final. Pada babak penyisihan, juri menyeleksi dengan ketat setiap karya yang dikirim oleh peserta, sehingga didapatkan 44 finalis yang akan mengikuti babak final di Fakultas Kedokteran Universitas Jember.

Babak final HC 2015 telah terselenggara dengan sukses pada 10-12 April 2015 di Fakultas Kedokteran Universitas Jember. Acara dimulai dengan pembukaan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember dr. Enny Suswati, M.Kes. Pada babak final, peserta lomba KTI dan poster publik mempresentasikan karya mereka di depan para juri. Presentasi lomba KTI berlangsung di Auditorium FK Universitas Jember, sedangkan presentasi poster publik berlangsung di Ruang Seminar Proposal FK Universitas Jember. Para peserta mempresentasikan karyanya dengan mengesankan. Di cabang Lomba KTI, peserta mempresentasikan karyanya dengan kreativitas masing-masing, ada yang menggunakan alat peraga, video, ataupun dengan gaya presentasi mereka yang unik. Cabang lomba poster publik pun tidak kalah menariknya. Salah satu peserta lomba poster publik dari USU sempat menunjukkan bakat menyanyinya saat mempresentasikan poster publik karyanya. Meskipun tidak mendapat juara, penampilan tersebut sangat memukau juri dan penonton. Selain itu, peserta dari Universitas Dipenogoro juga unjuk gigi dengan pertunjukan drama saat presentasi berlangsung. Drama tersebut menceritakan tentang cara penularan HIV dengan cara yang sangat menarik, sehingga berhasil meraih nilai tertinggi dan menjadi juara.

Setelah selesai melakukan presentasi, para peserta menginjak ke acara selanjutnya yaitu City TourCity Tour adalah acara jalan-jalan yang bertujuan untuk menghilangkan penat para peserta setelah berkompetisi satu sama lain. Pada acara ini, peserta dan beberapa panitia berkunjung ke Pantai Papuma yang terletak di Kecamatan Ambulu. Meski sedikit gerimis, peserta tetap antusias dan ceria bermain di pantai. Setelah City Tour, peserta segera kembali ke hotel untuk beristirahat sejenak dan bersiap untuk acara selanjutnya yaitu Gala Dinner. Gala Dinner diadakan di Rumah Makan Lestari yang terletak di dekat Alun-alun Jember. Peserta menikmati hidangan makan malam dan mengakrabkan diri satu sama lain. Tak lupa juga, peserta disuguhi hiburan dari panita yang memang sudah mempersiapkan diri sebelumnya. Setelah Gala Dinner usai, peserta kembali ke hotel untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk keesokan harinya.

Agenda HC 2015 di hari ke-3 adalah Seminar Ilmiah dan pengumuman juara yang dibuka oleh Pembantu Rektor 3 Universitas Jember Prof. Dr. Ek. Moh. Saleh, SE, M.Sc. Seminar ilmiah berisi materi tentang penyakit infeksi sesuai dengan salah satu poin MDGs 2015. Penyakti infeksi yang dibahas kali ini adalah malaria dan HIV. Materi malaria diisi oleh Dr. rer. biol. hum. dr. Erma Sulistyaningsih, M.Si dan materi HIV oleh dr. Ali Santosa, Sp. PD. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengumuman juara yang tentunya sudah dinanti-nantikan oleh seluruh peserta HC 2015. Berikut kami tampilkan daftar Juara Hipotalamus Competition 2015:

Lomba Esai Ilmiah

  • Juara 1                         Amal Arifi Hidayat – UNAIR
  • Juara 2                         Syifa Aulia Alyani – UI
  • Juara 3                         Nur Laily Putri – UI

Lomba KTI

  • Juara 1                         Faiqa Himma Emalia – UI
  • Juara 2                         Layung Sekar Sih Wikanthi – UGM
  • Juara 3                         Agustina Puryani – UB

Lomba Poster Publik

  • Juara 1                         Alifianto Parham Parakkasi – UNDIP
  • Juara 2                         T. Widya Naralia – USU
  • Juara 3                         Muh. Avin Zamroni – UNEJ

Dengan diumumkannya para juara Hipotalamus Competition 2015, maka berakhirlah sudah seluruh rangkaian acara HC 2015. Kami selaku panitia HC 2015 mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah ikut berpartisipasi dan kami ucapkan mohon maaf atas segala kekurangan kami selama acara berlangsung. Sampai jumpa di Hipotalamus Competition 2016!

 

Related Post