+62 331 337877 fk@unej.ac.id

11880405_508950379269192_4639515673805979106_n

.

Kiki Marta Ariesaka, mahasiswi Fakultas Kedokteran menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Universitas Jember 2016. Di babak final yang digelar di aula lantai 3 gedung rektorat (25/5), Kiki berhasil mendapatkan nilai tertinggi dari dewan juri, menyisihkan empat kompetitornya. Posisi kedua di raih oleh Aniza Zahra dari Fakultas Pertanian dan Ayunda Nur dari Fakultas Farmasi. Dengan keberhasilannya ini, Kiki Marta Ariesaka berhak mewakili Universitas Jember dalam ajang Pemilihan  Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional.

Namun dibalik kesuksesan Kiki meraih predikat mahasiswa berprestasi, terdapat usaha dan kerja keras. “Tahun ini tahun kedua saya mengikuti Mawapres. Tahun lalu saya hanya meraih juara harapan II karena juri menilai prestasi nasional saya masih minim. Hasil di tahun 2015 itulah yang menjadi pemicu saya untuk lebih berprestasi,” kata penghobi baca ini. Kiki pun serius mengikuti beberapa lomba karya tulis ilmiah, dan hasilnya tidak mengecewakan. Selama tahun 2015 lalu Kiki menyabet juara harapan 1 lomba karya tulis ilmiah nasional kedokteran di Universitas Sebelas Maret, Solo. Juara 2 lomba karya tulis ilmiah nasional kedokteran di Universitas Airlangga, Surabaya. Serta puncaknya meraih juara pertama di ajang yang sama di Universitas Brawijaya, Malang.

Dengan modal prestasi di ajang nasional tadi, Kiki percaya diri melenggang di Mawapres Universitas Jember 2016. Karya tulisnya yang mengambil tema pembuatan alat praktis deteksi dini kanker cervix dinilai oleh dewan juri layak diganjar sebagai yang terbaik. “Selama ini untuk mendeteksi gejala kanker cervix pada perempuan butuh proses yang sedikit ribet seperti pemeriksaan Pap-Smear. Saya mencoba membuat alat praktis deteksi dini kanker cervix yang murah, dan caranya semudah menggunakan alat tes kehamilan,” ujar mahasiswa Fakultas kedokteran angkatan tahun 2013.

Sumber : https://unej.ac.id

Related Post