+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Pada tanggal 14 Desember 2018, Fakultas kedokteran Universitas Jember menggelar kegiatan senam komunitas sehat. Senam komunitas sehat merupakan agenda bulanan yang dilakukan di Universitas Jember yang diikuti oleh seluruh civitas dan juga para purna atau pensiunan Universitas Jember. Kegiatan senam komunitas sehat ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan apa yang sudah dicapai oleh Fakultas Kedokteran itu sendiri. Wakil dekan dr. Muhammad Ali Shodikin, Sp.A mengatakan latar belakang terselenggaranya senam sehat komunitas setidaknya ada 3 yang pertama kita pengen agar segenap civitas akademika termasuk yang sudah pensiun tali silaturahminya terjaga, yang kedua dalam menjaga agar kita tetap aktif juga agar tetap sehat, yang ketiga untuk meningkatkan kerjasama antar elemen yang terlibat didalamnya.
Kegiatan ini dimulai sekitar pukul 07.00 WIB di lapangan tengah Fakultas Fedokteran Universitas Jember dipandu oleh dua orang pembawa acara yaitu Luthfi Fakhruddin dan Juga Salma Naqiya. Kegiatan dimulai dengan sambutan-sambutan. Sambutan dari dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember yaitu dr. Supangat, M.Kes, Ph.D, Sp.ba beliau mengatakan bahwasannya kegiatan ini adalah kegiatan rutin namun kali ini menjadi istimewa karena bersamaan dengan itu diluncurkan Mobile Agromedicine Clinic yang bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa fakultas kedokteran universitas jember yang memiliki visi agromedis yang memperhatikan kesehatan para pelaku agromedis seperti para petani. Pada kegiatan hari ini juga sudah disiapkan berbagai macam pos pemeriksaan kesehatan mulai pemerikasaan tekanan darah, cek darah dan klinik spesialis. Tak hanya itu juga terdapat peranan swasta yang turut andil dalam kegiatan hari ini.

Berikutnya peluncuran mobile agromedicine clinic yang dipandu langsung oleh dekan Fakultas Universitas Jember. Hal inilah yang membuat acara senam komunitas sehat hari ini menjadi istimewa dibanding dengan biasanya. Acara yang ketiga yaitu senam yang dipandu oleh salah satu civitas. Senam berlangsung seru seluruh peserta Nampak antusias mengikuti senam sehat kali ini. senam berlangsung sekitar 30 menit yang berikutnya acara diisi dengan pemeriksaan gratis yang telah disediakan oleh Fakultas Kedokteran, senam komunitas sehat kali ini banyak dihadiri oleh para purna tugas Universitas Jember yang rata-rata sudah berusia lanjut hal ini membuat sesi pemeriksaan gratis sangat diminati.
Acara yang keempat yaitu live music dan doorprize, acara ini adalah salah satu yang ditunggu-tunggu oleh orang banyak. Pada sela-sela acara ini diselingi oleh sosialisasi dari dua UKM besar fakultas kedokteran, yang pertama yaitu CIMSA, pada kesempatan kali CIMSA melakukan kegiatan sosialisasi tentang diabetes kepada seluruh peserta kegiatan pada pagi hari ini harapannya sosialisasi diabetes ini membuat masyarakat lebih tau tentang bahaya diabetes, yang kedua yaitu TBM , pada kesempatan kali ini TBM melakukan sosialisasi Basic Life Support guna memperkenalkan pertolongan pertama apabila terjadi suatu yang tidak diinginkan di tempat yang tak terduga, sosialisasi kali cukup seru karena diadakannya simulasi pertolongan pertama. Terakhir acara ditutup dengan pembagian doorprize utama berupa 1 buah kulkas dan 1 buah sepeda gunung.

Please follow and like us:

Related Post