+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Situasi berbeda tampak pada hari Minggu tanggal 05 Juli 2020 di wilayah Universitas Jember dan pada khususnya wilayah Fakultas Kedokteran. Terhitung mulai dari hari Jumat hingga hari Minggu tampak pergerakan massa yang cukup menarik, di mana terdapat beberapa orang atau masyarakat awam yang hilir mudik memasuki wilayah kampus terutama Fakultas Kedokteran Universitas Jember. Mulai dari sekedar berswafoto hingga sibuk melihat pengumuman yang terpampang di salah satu media cetak di area kampus. Tampaknya benar, suasana Ujian Tulis Berbasis Komputer atau selanjutnya dapat disingkat menjadi UTBK mulai bergerak menggeliat. Cukup banyak calon mahasiswa yang mulai berdatangan dengan tujuan hanya sekedar melihat lokasi ujian sampai bertanya terkait hal lain sehubungan dengan teknis pelaksanaan UTBK. Tahun ini, pelaksanaan UTBK cukup berbeda dikarenakan adanya wabah COVID-19 yang membuat pihak pelaksana atapun peserta wajib mematuhi protokol kesehatan. Berbagai persiapan pun dilaksanakan untuk menyambut pelaksanaan kegiatan akbar ini.

Salah satunya adalah kegiatan yang dilaksanakan dan dipersiapkan jauh jauh hari oleh Tim Poscovid UNEJ atau dengan nama resmi Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagapan Bencana Corona Virus Disease 19 (TTDKBC). Kali tim untuk keseskian kalinya berkolaborasi dengan relawan mahasiswa yang juga merupakan anggota hasil dari kaderisasi tim untuk berjibaku dalam kegiatan kali ini. Terhitung mulai dari hari Minggu, tanggal 5 Juli 2020, kolaborasi dalam tim ini mulai ‘bekerja’ untuk mensukseskan agenda nasional ini. Pada kesempatan ini, tim melibatkan sedikitnya 69 mahasiswa relawan, 5 orang dosen Fakultas Kedokteran, serta 3 orang karyawan dari Fakultas Kedokteran pula. Di mana seluruh anggota yang terjun akan melaksanakan kegiatan mulai dari hari Minggu 5 Juli 2020 hingga berakhirnya UTBK pada tanggal 31 Juli 2020 tepatnya di hari Jum’at. Kegiatan yang dilaksanakan oleh tim ini dalam mensukseskan rangkaian kegiatan UTBK ini pun beragam. Tim turut ambil bagian dalam pengawalan penerapan protokol kesehatan dengan kegiatan riil berupa melakukan visitasi kesiapan penerapan protokol kesehatan beberapa hari sebelum kegiatan UTBK dimulai pada setiap fakultas penyelenggara. 

Visitasi ini meliputi dari pemantauan serta penilaian kondisi kelayakan ruangan dalam pelaksanaan UTBK ditinjau dari segi fasilitas yang tersedia hingga kesiapan SDM pelaksana. Selain itu tim mensukseskan kegiatan UTBK ini dengan cara terjun langsung pada tiap ruangan pelaksana UTBK dengan melakukan skrining pada kondisi kesehatan calon mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan UTBK. Proses skrinig ini juga terintegrasi dengan pihak medis atau kesehatan Universitas Jember yaitu UNEJ Medical Center (UMC) sebagai tindak lanjut apabila terdapat kondisi mahasiswa yang memerlukan bantuan medis segera. Selain proses skrining, tim juga secara actual memantau kondisi protokol kesehatan yang diberlakukan ketika pelaksanan ujian dan data yang didapat akan dihimpun serta diproses untuk dapat menghasilkan output berupa rekomendasi ataupun kebijakan atas kondisi pelaksanaan UTBK sebagai media evaluasi bersama. Besar harapan tim untuk selalu dapat memberikan sumbangsih nyata terhadap pelaksanan agenda besar tahunan nasional ini, dan pada akhirnya beraharap Kembali terwujudnya kampus tanggauh COVID-19 yang selalu menjadi cita-cita bagi tim ini.

Penulis:

Eqiel Navadz

Kelompok Pojok Covid 3

TTDKBC