+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Inspiratif …….itu mungkin satu kata yang sangat pas mengambarkan dinamisnya Desa Jenggawah dalam usaha menuju masyarakat desa jenggawah yang mandiri. Kesimpulan itu muncul saat kepala desa jenggawah dan sekretaris desa berkunjung ke kampus agromedis, ada banyak gagasan cemerlang pemdes jenggawah yang sedang dilakukan untuk menuju cita-cita mulia tersebut. 

Mengolah sampah menjadi Berkah 
Kegiatan masyarakat yang di inisiasi oleh pak Babhin kamtibmas ini luar biasa, masyarakat mengelola bank sampah dan kemudian menjadikannya sebagai media pembudidayaan magot BSF lalat bersih pendulang rupiah. Sampah yang di tempat lain menjadi pengangu, memakan tempat dan terkadang menjadikan lingkungan tidak sehat justru di jenggawah bisa disulap menjadi sumber makanan berprotein tinggi. Sampah organik menumbuhkan magot, magot di berikan untuk pakan ikan dan ikan menjadi sumber protein tinggi masyarakat, luar biasa tidak saja reuse reduce dan re-cycle tapi added value  kesehatan petani. Agromedis bingits ini.

Tanami tepi selokan dengan pohon kayu putih 
“Tak mau ada lahan kosong nganggur”, ucap pak kades energik jenggawah. Ketika mengajak keliling para dokter agromedis menyusuri tepian saluran irigasi jenggawah, di pinggir sepanjang saluran irigasi yang mengairi sawah-sawah penduduk oleh pemdes di tanami pohon kayuputih, tentu ini cara cerdas jenggawah menuju mandiri ekonomi. Dalam waktun 16 bulan sudah bisa dipanen dan dengan rendimen 1% sampai usia produktif 25 tahun tentu tepian saluran irigasi ini akan menjadi sumber pendapatan desa yang lumintu. Desa juga sudah menyiapkan sarana destilasinya keren bro… janggawah banget.

Agroeduhealty wisata
Sanggat bersyukur selain dikaruniai hamparan sawah yang luas, jenggawah juga dihiasi dengan bukit jenggawah yang elok, lahan 30 Ha yang mengitari bukit tentu menjadi sarana wisata agro yang sangat menarik apalagi dikemas dalam suasana eduwisata dan di lengkapi dengan perhatian kepada sisi kesehatan, ini menjadi jaminan wisata masadepan, lokasi 10 menit dari bandara adalah nilai lebih yang tak tergantikan sehingga jenggawah tidak saja berpotensi tapi juga menggiurkan.

Terima kasih pak kades,  kehadiran  bapak di smart campus agromedis menjadi sumber energi bagi dokter pecinta petani.