+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Mahasiswa Fakultas kedokteran Universitas Jember mengadakan praktikum di lingkungan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pakusari untuk melihat bagaimana keadaan warga disana kesehariannya serta menganalisa masalah kesehatan yang mungkin dialami warga sekitar. Pada hari selasa sampai hari rabu kemarin mahasiswa baru tersebut bersama tim pengajar dari Fakultas Kedokteran Universitas Jember melakukan praktikum tentang pentingnya kesehatan di lingkungan TPA Pakusari.

Salah satu masalah kesehatan yang ditemukan adalah kurangnya kesadaran tentang penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Rata rata warga disana tidak menggunakan APD karena sudah terbiasa dan belum menyadari masalah kesehatan yang mengancam mereka, tutur salah satu warga yang kesehariannya berprofesi sebagai pemulung seperti sebagaian besar warga lainnya.

Menurut penuturan warga sekitar, TPA Pakusari dulunya adalah tempat wisata edukasi namun sekarang berubah menjadi area dengan tumpukan sampah akibat kurang pengawasan dari pemerintah termasuk kurangnya edukasi tentang kebersihan dan kesehatan. Warga di sana juga resah jika musim hujan datang karena tempat tinggal mereka akan banjir dan memunculkan bau busuk dan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan .

X