+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Pucuk-pucuk pinus seperti berebut
Bergesek berdesak, berjalin tangan
Ranting kering luruh adalah nyanyian
Selaksa puisi bergayut di dahan
Leburlah di sini
Kini tinggal menunggu
Datang hembusan angin, ho…
Sempurnalah segalanya

Bait syair lagi Ebiet G Ade ini seolah menjadi nyata saat  Tim Unej yang di Pimpin langsung oleh Rektor Unej melakukan diskusi hangat dengan warga dan perangkat desa Sidomulyo Silo Jember, Diskusi menjadi semakin seru dengan hadirnya Pengagas Agropolitan Jember, pebisnis Kopi, peyuluh pertanian dan juga pegiat agrowisata mas Tono. Berbagai topik terus mengalir bagai derasnya aliran tuk tujuh yang ada  di kawasan sidomulyo. Dari topik Bisnis hingga kesehatan. Bidang kesehatan petani menjadi salah satu bidang penting seperti yang disampekan Muh. Hasan, rektor unej saat Deis UNEJ ke 55 ( https://www.youtube.com/watch?v=CIImuWmLzD8 )

Ada hal menarik dari sisi kesehatan yaitu adanya keluhan sebagian besar pengolah kopi yang merasakan nyeri di ulu hati. Tentu menjadikan Tim agromedis FK UNEJ bersemangat dan berencana menindaklanjuti keluhan warga dan melukukan kajian kajian untuk penagnanan kasus tersebut . Selain penanganan keluhan para petani agromedis juga bertekan mengadakan pelatian Bantuan hidup dasar bagi masyarakat dan pemuda. ketrampilan melakukan pertolongan pertama pada kasus darurat ini penting bagi para petani dan juga bagi pengembangan pariwisata dismomulyo ke depan.  Lokasi sidomulyo yang jauh dari kota  dan area pekerjaan  dan pariwisata  yang berkembang akan meningkatkan terjadinya kejadian mendadak yagn memerlukan pertolongan seperti serangan jantung, atau tenggelam,  atau terkena trauma alat tajam ,atau terkena taruma kemia panas. maka  Tim agromedis sub tim tani siaga akan siap bersama warga mengembangkan kemampuan para pemuda dan masyarakat sehingga semua warga sidomulnya siap berperasn sebagai save guard.

Untuk mencapai kebugaran tim agrofit-agromedis juga siap melatih pelaksanan senam petani. senam yang sudah pernah dilakukan dalam bentuk masal 10 ribu orang ini ( https://www.youtube.com/watch?v=0a4InUB6y9E ) . dengan senam yang dirancang khusus bagi petani ini diharapkan tidak terjadi cidera bagi petani saat melakukan perkerjaan pekerjaan rutin. 

Diskusi semakin seru dengan peluang sampaikan oleh dekan Fakultas farmasi bahwa limbah daun kopi bisa di buat lulur kecantikan dan sabun kopi. Tata kelola areal desa yang baik dan berjangka panjang menjadi konsen bidang teknik yang disampikan dekan Fakultas Teknis universitas jember. Acara juga dimeriahkan dengan suguhan tari raksasa yang menarik dan membuat degub jantung berdegub sedikit lebih kencang. 

Sebagai tindak lanjut tim agromedis FK unej berencana melakukan kajian lanjutan ke Sidomulyo dan kedepan di ikuti berbagai kegiatan bersama masyarakat. semoga impian terwujudnya  Glen-baru-mulyo seperti yang di impikan mas Tono praktisi agrowisata yang sudah banyak hasil dan karnyanya.