+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Senin 11 Juli 2022 menjadi momen pertama kalinya untuk dua Mahasiswa FK UNEJ memulai aktivitas research and exchange student secara resmi di laboratorium Epidemiology and Preventive Medicine Kagoshima University Jepang. Mereka berdua yakni Fetri Rosdiana dan Muhammad Rijal Fahrudin Hidayat. Mereka memulai hari pertama dengan orientasi dan briefing agenda selama di departemen. Agenda dilanjutkan dengan ekstraksi data penelitian exposure merkuri pada wanita hamil, mengolah RAW data, dan memulai coding data untuk selanjutnya di analisis.

Kedua mahasiswa take off dari Bandara Soekarno-Hatta Ahad 3 Juli 2022 dini hari 00:45 WIB menuju Manila dan sampai di Tokyo melalui Bandara Haneda pada pukul 13:40 waktu Jepang dan dilanjutkan terbang ke Kagoshima hingga sampai pukul 19:55. Hari esoknya mulai menempati tempat tinggal selama program di Kagoshima Kokusei Koryu Center (KIEX). Hari-hari berlanjut dengan agenda pengurusan administrasi kependudukan, transportasi, dan pengenalan lingkungan lainnya.

Banyak agenda-agenda menarik dalam program research and exchange kali ini selain penelitian merkuri seperti agenda journal reading setiap pekan bersama para professor dan Ph.D student, shadowing class, mengunjungi public health center di Jepang, membuat creative health program, penelitian COVID-19 student menggunakan questionare, mengikuti endoscopy program, neurosurgery program, dan ikut berpartisipasi dalam PM 2.5 Sakurajima Volcano experiment.

Semoga program ini dapat mendorong transfer ilmu yang bermanfaat untuk pengembangan atmosfer research dan perkembangan agromedis di FK UNEJ untuk semakin mendekatkan capaian visi kita bersama untuk menjadi pusat Agromedis di Asia Tenggara tahun 2025.

Salam Agromedis!

 


Muhammad Rijal Fahrudin Hidayat