+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Jember- Sekali lagi, prestasi membanggakan berhasil diraih oleh Kampus Agromedis, Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK UNEJ). Kali ini prestasi yang diraih berasal dari hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD), dimana FK UNEJ berhasil mempertahankan “Peringkat 1 Nasional berdasarkan Persentase Kelulusan First Taker CBT” dalam dua tahun berturut-turut. Sepanjang penyelenggaraan UKMPPD pada tahun 2020 hingga 2021, FK UNEJ berhasil meluluskan 100% alumninya sebagai first taker UKMPPD.

Prestasi ini begitu spesial mengingat UKMPPD merupakan salah satu ujian terbesar bagi calon dokter yang telah menyelesaikan studi hingga tahap profesi untuk dapat lulus dan disumpah menjadi seorang dokter. Banyak dari para calon dokter yang harus mengulang ujian dikarenakan tidak lulus pada percobaan pertama (first taker). Dilansir dari data statistik panitia nasional UKMPPD, sepanjang pelaksanaan UKMPPD pada tahun 2021 sebanyak 2.448 mahasiswa profesi dokter dinyatakan tidak lulus (Sumber: https://pnukmppd.kemdikbud.go.id/index.php/statistik).

Prestasi ini sekali lagi membuktikan bahwa output lulusan dari FK UNEJ tidak bisa dianggap remeh. Selain banyak prestasi yang telah diraih selama menjadi mahasiswa, terbukti bahkan saat akan lulus pun mereka masih memberikan sumbangsih prestasi untuk almamaternya. Tentunya output yang baik ini tidak terlepas dari dukungan input yang berkualitas juga. Seperti dilansir pada berita sebelumnya (Baca: https://fk.unej.ac.id/%e2%80%8e-kedokteran-universitas-jember-menjadi-program-studi-kedokteran-dengan-keketatan-teratas-di-snmptn/), FK UNEJ merupakan program studi dengan tingkat keketatan teratas pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada tahun 2021. Hal ini tentunya selaras dengan ketatnya proses seleksi dengan hasil saringan yang berkualitas.

Selain itu output ini juga tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak selain civitas akademika juga rumah sakit pendidikan seperti RSD dr. Soebandi Jember, RSUD dr. Haryoto Lumajang dan RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso yang telah mendidik para calon dokter dalam program profesi dokter (koas). Semoga prestasi ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya dan agromedis FK UNEJ semakin berjaya untuk menyehatkan petani Indonesia!

Penulis: Nugraha, MY