+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Bangga, sungguh bangga, para-alumni FK UNEJ terus menunjukkan prestasinya di bidang kedokteran. Kali ini 2 alumni FK UNEJ terlibat dalam operasi bedah jantung pertama di RSD dr. Soebandi Jember pada tanggal 14 Mei 2022 yang bekerja sama dengan RSUD dr. Soetomo Surabaya. Beliau adalah dr. Fajar Perdhana, Sp.An., KAKV, KIC. dan dr. Taufiq Gemawan, M.Ked.Klin., Sp.An. Saat ini dr. Fajar menjadi konsultan anestesi kardiovaskuler di RSUD dr. Soetomo, beliau ini merupakan alumni lulusan angkatan pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Jember tahun angkatan 2000. Beliau sangat senang bisa berkesempatan ke jember dan bernostalgia kembali semasa pendidikannya di jember.

“Saya senang sekali bisa kembali ke Jember lagi, setelah sekian lama tidak kemari. Saya alumni pendidikan dokter di FK UNEJ angkatan pertama, yang dulunya disebut PSPD (Program Studi Pendidikan Dokter), waktu itu angkatan saya berjumlah 66 orang dan yang berhasil lulus pada tahun 2006 saat itu berjumlah 12 orang” terang dr. Fajar.

 

dr. Fajar dulunya juga sempat menjadi dosen selama 4 bulan di FK UNEJ yang kemudian beliau mendaftar sekolah lagi di bidang spesialis anestesi. Sekitar 5.5 tahun beliau menempuh studi spesialis anestesi dan pada tahun 2013 lulus sebagai Sp.An.

“Hati saya ini dari lama udah di jember sebenarnya, bahkan saya mencoba beasiswa Pemkab Jember supaya bisa kembali ke Jember dan juga mencoba mendaftar PNS 2 kali di Jember tapi belum jodohnya sepertinya belum diterima” tambah dr. Fajar.

Setelah lulus sebagai Sp.An, dr. fajar kemudian tergabung dalam tim bedah jantung RSUD dr. Soetomo Surabaya dan kemudian disekolahkan kembali sebagai konsultan Sp.An kardiovaskular pada tahun 2014 dan lulus tahun 2016, lanjut juga sekolah lagi sebagai konsultan intensive care tahun 2018 dan lulus tahun 2021. Beliau juga sempat berkesempatan fellow ship ke Jepang untuk mendapatkan sertifikasi di bidang pediatric cardiac ICU dan fellow ship ke india untuk mendapatkan sertifikasi keahlian transesofagial ecocardiografi.

dr. Fajar dan dr. Taufik sebagai alumni sekaligus kakak kelas lulusan dari FK UNEJ ini juga berpesan untuk adik-adik semuanya untuk senantiasa bersemangat mengejar cita-citanya, berusaha untuk totalitas dalam studinya, dan dengan segala tantangan yang ada di dalamnya, never give up.

“Saya rasa lulusan FK UNEJ, termasuk dr. taufik ini, mampu bersaing dengan lulusan kedokteran dari universitas negeri lainnya dan cukup membanggakan prestasinya selama sekolah spesialis, yang terpenting kalau kita sudah memilih suatu bidang terus memilih suatu spesialistik, lakukan sepenuh hati, pasti selama sekolah itu berat, up and down, banyak cobaan pengen nangis atau marah, itu ada dan pasti berlalu, intinya lakukan ikhlas dengan benar sepenuh hati dan rawatlah pasien seperti pasien sendiri, insyaallah ada jalan supaya bisa meraih cita-cita dan usaha itu harus terus, kalau gagal, ya terus mencoba, pasti ada hikmah dan jalan yang terbaik.” Ucap dr. Fajar.

“Saya sepakat dengan dr. Fajar, bahwa bagaimana pun sesuatu yang berharga itu pasti harganya mahal dan tidak mudah dicapai. Dinamikanya mau sedih atau capek, memang pasti ada, tapi kalau udah cita-cita ya harus dipertahankan dari awal sampai akhir, capek ya istirahat tapi jangan berhenti.” tutup dr. Taufik yang juga alumni FK UNEJ angkatan 2007 tersebut.

 

Luar biasa, kita patut berbangga dengan para alumni kita yang berprestasi ini. Semoga kita semua dapat menjadikan beliau-beliau ini sebagai panutan dan meyakinkan kita semua bahwa alumni kampus agromedis FK UNEJ ini mampu bersaing menjadi klinisi unggul nasional. Selamat dan sukses bagi para alumni dan selamat berjuang untuk generasi selanjutnya, sukses selalu, dan Salam Agromedis. Agromedis, Jaya !

 

 

Penulis : Muhammad Rijal Fahrudin Hidayat