+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Minggu, 19 Desember 2021 merupakan hari yang membahagiakan bagi empat mahasiswa FK UNEJ. Mereka adalah Yehuda Tri Nugroho Supranoto (2016); Dini Cynthia Dewi Tanuwijaya (2016); Achmad Ilham Tohari (2018); dan Rifaldy Nabiel Erisadana (2018). Pasalnya, empat-sekawan tersebut baru saja mendapat kabar bahwa karya ilmiahnya mendapat penghargaan dalam kompetisi International Medical Student Research and Conference (IMRC) 2021 yang digelar secara virtual oleh Phramongkutklao College of Medicine, Bangkok, Thailand. Betapa bahagianya mereka karena tak hanya mendapat satu penghargaan, namun tiga penghargaan sekaligus.

Dalam kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa kedokteran dari berbagai negara tersebut, Yehuda dkk mengikuti dua cabang lomba, yaitu oral presentation dan poster presentation. Pada oral presentation, mereka mengusung judul “Prospect of Mesenchymal Stem Cells and Exosomes as Immunomodulator Agents in the Treatment of Severe COVID-19: A Systematic Review and Meta-Analysis”. Mengangkat isu terobosan terapi COVID-19 disertai dengan pembawaan materi presentasi yang menarik, membuat karya Yehuda dkk ini berhasil menyabet juara ke-3.

Pada cabang poster presentation, mereka membawakan judul lain, yaitu “Meta-Analysis of Enteral Lactoferrin Supplementation for Reducing The Risk of Preterm Infants Sepsis: A Perspective Review of the Preterm Infants Born to Mother with Severe COVID-19”. Pada cabang poster ini, mereka menyabet dua penghargaan sekaligus, yaitu Juara 1 presentasi poster (best poster presentation) dan poster favorit (most popular poster) yang dinilai dari jumlah “like” di facebook.

Bukan sekali ini mereka mengharumkan almamater. Dalam acara Simposium Nasional Pediatri dan Ilmu Penyakit Dalam sebelumnya, bimbingan dr. Irawan Fajar Kusuma, M.Sc., Sp.PD ini juga mendapat juara 1 dengan kategori presentasi oral terbaik.

Peribahasa kacang lupa akan kulitnya tidak berlaku bagi Yehuda dkk. Menjadi juara tak lantas membuat Yehuda dkk lupa akan institusi. Setelah mendapat kabar atas kemenangannya, Yehuda langsung mengirimkan ucapan terima kasih atas dukungan FK UNEJ kepada dr. Bagus Hermansyah, M.Biomed selaku Wakil Dekan III. Semoga karya mereka semakin bermanfaat dan FK UNEJ semakin mendunia! Salam Agromedis!

Penulis: Zahrah Febianti