+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Pada Minggu, 9 Januari 2022 banjir bandang telah melanda beberapa daerah di Kabupaten ‎Jember. Banjir melanda Kecamatan Kaliwates, Kecamatan Rambipuji, dan Kecamatan Panti di ‎Kabupaten Jember. Banjir ini diakibatkan oleh adanya Curah hujan yang tinggi mengakibatkan ‎meluapnya beberapa sungai. Arus deras aliran banjir yang disertai dengan lumpur mengakibatkan ‎kerusakan di beberapa titik daerah.

Tim Mobile Agromedicine FK UNEJ dibantu dengan TBM Vertex FK UNEJ segera melakukan ‎assessment bencana pada Minggu, 9 Januari 2022 dan dilakukan need assessment ulangan pada ‎Selasa, 11 Januari 2022. Setelah melakukan dua kali assessment, maka Tim memutuskan untuk ‎melakukan penyaluran bantuan bencana dan membuka Mobile clinic pada tanggal 12 dan 13 ‎Januari 2022. Tim melakukan koordinasi dengan BPBD dan PKM Mangli terkait penerjunan personil ‎medis dan di dukung pula dengan adanya surat permohonan bantuan medis dari PKM Mangli. ‎‎

Tim Mobile Agromedicine dan TBM Vertex FK UNEJ menyalurkan beberapa bantuan berupa ‎obat obatan, air mineral, pakaian dalam, sapu, alat pel, obat pel, detergen, hanger, ember, tikar, ‎handuk, dan sandal. Bantuan disalurkan melalui BPBD Jember di Posko Darurat Bencana Jember. ‎‎

Tim Mobile Agromedicine bersama dengan TBM Vertex juga membuka pelayanan ‎kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan (pengukuran tanda tanda vital dan kadar gula darah), ‎konsultasi medis, dan pengobatan gratis. Pada tanggal 12 Januari 2022 Tim membuka pelayanan ‎Mobile Clinic Agromedicine di 3 titik yang berlokasi di Perumahan Bumi Mangli Permai, yaitu (1) ‎Posko Darurat Bencana Jember, (2) Masjid RT 4 RW 13 BMP, dan (3) RW 15 BMP. Sedangkan pada ‎tanggal 13 Januari 2022, Tim membuka 4 titik Mobile Clinic Agromedicine, yaitu di (1) RT 3 RW 2 ‎Sempusari, (2) Sempusari Jl. Gurami, (3) Perumahan Alam Hijau lokasi 1, dan (4) Perumahan Alam ‎Hijau lokasi 2. Selama dua hari membuka pelayanan medis, Tim telah melayani sebanyak 192 ‎pasien. Penyakit yang paling banyak dikeluhkan adalah myalgia dan ISPA. Para korban juga ‎menyampaikan keluh kesah nya terkait bencana yang dialaminya, beberapa korban menyampaikan ‎masih merasa ketakutan dan trauma apabila hujan turun. Dalam tahap ini tim relawan untuk ‎trauma healing sangatlah dibutuhkan.

Tim Mobile Agromedicine sebagai relawan medis Bencana Banjir Jember mengharapkan ‎Jember segera pulih dan aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh Tim dapat bermanfaat dan ‎membantu para korban bencana. Tim Mobile Agromedicine akan senantiasa siap sedia meluncur ‎kemanapun Indonesia memanggil untuk kegiatan kemanusiaan.

Salam Agromedis

-PWP-

Pin It on Pinterest

Share This