+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Kemerdekaan petani yang tercermin pada kehidupan yang kian sejahtera atau justru sengsara setidaknya bisa diukur dari beberapa hal yaitu tingkat pendidikan, aset ekonomi, tingkat kemandirian dan tingkat kesehatan. Pembangunan pertanian akan berjalan dengan baik bila didukung oleh sumber daya manusia yang berkwalitas, salah satu tolak ukur manusia berkwalitas adalah tingginya tingkat pendidikan. Sehingga diharapkan perilaku petani dengan tingkat pendidikan yang tinggi diharapkan lebih baik dibandingkan dengan petani dengan tingkat pendidikan rendah.

Sebagai negara agraris yang masih sangat produktif, sektor pertanian di Indonesia mampu mengangkat citra indonesia dimata dunia, sehingga pertanian di Indonesia masih menjadi salah satu hal penting sebagai roda penggerak ekonomi negara. Kunci suatu negara menjadi maju dan berkembang adalah mampu meningkatkan sumber daya alam yang tersedia di suatu negara tersebut. Selain sektor pertanian, perkebunan dan pertambangan diharapkan juga mampu maju pesat di indonesia.

Diera moderen ini petani dituntut untuk memampu menjadi petani yang mandiri, mampu berinovasi dan memiliki daya saing. Memiliki daya saing dan sanding sendiri dimana SDM mampu dipercaya dan dipercayai oleh mitra maupun jejaring yang lain. Petani yang mandiri dituntun utuk menjadi kreatif dalam mengemas sebuah inovasi teknologi sehingga petani mampu mengubah nilai sebuah produk, karena itulah petani menjadi kunci penting pembangunan pertanian. Dengan memiliki kwalitas yang baik, petani akan dapat mendukung pembangunan pertanian kini dan masa mendatang.

Ketiga komponen seperti tingkat pendidikan, aset ekonomi dan tingkat kemandirian terpenuhi tanpa disertai dengan tingkat kesehatan yang baik, maka kemerdekaan petani dirasa masih jauh dari kata sejahtera. Fakultas Kedokteran Universitas Jember hadir dengan sebuah pemikiran yang visioner dengan berfokus pada kesehatan petani, keluarga petani serta konsumen produk-produk pertanian yang dikemas dengan sangat indah dalam sebuah rangkaian kata “Agromedis”.

Kini harapan besar tentang kemerdekaan petani dengan kehidupan yang sejahtera bukan hanya impian saja tetapi sebuah kenyataan yang dapat diraih apabila berjalan berdampingan dengan Agromedis. Fakultas Kedokteran Universitas Jember mengucapkan selamat hari ulang tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-75 tahun, 75 Indonesia maju, merdeka Indonesiaku, merdeka petaniku, jaya Agromedisku.

Oleh : HumasFK