+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Publik digegerkan dengan adanya virus baru yang menyerang pernapasan manusia pada akhir tahun 2019 di Cina, tepatnya di Wuhan. Pasien dari penyakit misterius ini kian bertambah setiap harinya. WHO akhirnya mengumumkan penyakit tersebut sebagai Coronavirus disease 2019 atau yang biasa dikenal dengan COVID-19. Penyakit ini disebabkan oleh coronavirus. Coronavirus merupakan perkembangan dari virus yang menyebabkan penyakit SARS dan MERS. Namun hingga saat ini para ahli masih terus melakukan penelitian sampai mana keganasan dan tingkat penyebaran dari coronavirus ini.

Ketika Presiden Jokowi mengumumkan ada dua orang Indonesia terinfeksi COVID-19, hampir seluruh masyarakat menjadi resah. Harga masker dan handsanitizer melonjak naik. Pasien COVID-19 di Indonesia bertambah hampir setiap harinya. Virus ini akan hinggap di tubuh ketika kita melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi. Namun virus ini juga mudah pergi ketika kita memperhatikan kebersihan diri, seperti cuci tangan. Maka dari itu pemerintah menerapkan self isolation agar orang-orang yang belum terinfeksi coronavirus dapat memutus rantai penularannya.

Hashtag di rumah aja menjadi viral tatkala banyaknya pasien yang terserang oleh keganasan coronavirus di Indonesia. Pemerintah memberikan libur sementara waktu agar masyarakat dapat menerapkan self isolation. Namun masih banyak orang yang tidak peduli pentingnya self isolation. Mereka memanfaatkan waktu libur dengan hangout di cafe, travelling, dan banyak hal yang akan menambah risiko penularan coronavirus. Padahal banyak kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan dengan #dirumahaja.

Pertama. Ketika kamu merasa bosan dengan #dirumahaja, kamu dapat bermain musik. Bagi kamu yang bisa bermain musik, tingkatkan talentamu dengan menambah waktu latihan. Jika kamu bukan penikmat musik, kamu bisa belajar memasak. Memasak bukan terkhusus hanya untuk wanita. Namun para pria juga dapat mencobanya. Mulailah dengan masakan yang mudah. Selain itu, makan dari hasil buatan tangan sendiri terasa lebih nikmat.

Kedua. Seperti peribahasa “buku adalah jendela dunia”, kamu dapat membunuh kebosanan dengan membaca buku. Akan ada banyak ilmu baru yang kamu dapat dengan membaca buku. Jika kamu seorang mahasiswa, kamu dapat membaca buku pelajaran dan mempersiapkan materi selanjutnya. Bagi banyak mahasiswa membaca buku pelajaran sangat membosankan. Kamu dapat menggantinya dengan membaca berita atau artikel ilmiah. Hal ini juga berguna untuk mempersiapkan skripsi akhir semester.

Ketika kamu sudah menjadi penikmat sastra, kamu dapat memulai untuk menulis. Mungkin menulis bagi banyak orang sulit direalisasikan. Kamu dapat mencobanya dengan menulis di story Instagram. Ceritakan keindahan alam yang kamu saksikan hari ini. Cerita ini juga dapat kamu tuangkan dalam lukisan dan lagu.

Ketiga. Kamu dapat memperkuat imun tubuh dengan berolahraga di rumah. melakukan gym sendiri di rumah. Kamu dapat melatih otot lengan dengan angkat besi. Kamu juga bisa melatih otot kaki dengan naik-turun tangga.

Keempat. Supaya kamu betah #dirumahaja, jangan lupa membersihkan rumah. Kamu dapat mengumpulkan barang yang sudah tak terpakai dan meletakkannya di gudang. Kamu juga bisa membersihkan kamar tidurmu agar semakin nyaman untuk kamu tempati. Dengan memberishkan rumah, kamu dapat menurunkan angka kejadian penyakit. Banyak penyakit yang bermula dari tempat kotor.

Kelima. Last but not least, berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar pandemi COVID-19 segera selesai. Bukan hanya di Indonesia, tetapi di seluruh belahan bumi. Berdoa juga agar kita semua selalu dalam lindungan Tuhan. Biarlah dari kejadian ini kita semakin tersadar, bahwa hanya kepada Tuhanlah seharusnya manusia berharap.

Selesai melakukan kegiatan, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air mengalir. Gunakan sabun untuk mencegah adanya virus yang masih menempel di tubuh. Juga jangan bepergian ketika kamu bisa melakukan semuanya di rumah.

Mari putus rantai penularan COVID-19 dengan #dirumahaja. Tingkatkan kewaspadaan, kurangi keresahan. Produktif dengan #dirumahaja.

Penulis: Cindy Graciella