+62 331 337877 fk@unej.ac.id

AMSA Indonesia memfasilitasi pertukaran pelajar bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran di Indonesia secara bilateral 2 negara. Kali ini giliran Betzy Riani Kesuma mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jember angkatan 2019 yang merasakan Exchange Program. Exchange dilaksanakan di Uneversiti Sarawak Malaysia (UNIMAS) tanggal 3-9 Februari 2020. Selama 7 hari di Malaysia, sangat banyak pengalaman yang bisa diambil dan dibagikan, mulai dari Knowledge, Action, dan Friendship-nya.

Sesuai namanya, student exchange, mahasiswa delegasi tersebut menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIMAS selama satu minggu. Seperti mengikuti lecture dengan mahasiswa tahun kedua, praktikum dengan mahasiswa tahun pertama dan tutorial dengan mahasiswa tahun kedua. Mereka juga diajak untuk melihat kadaver, diajak berkeliling di museum anatomi dan museum khusus malaria dan farmakologi. Lebatnya hujan yang membasahi kota Kuching tak meredupkan semangat para peserta student exchange untuk mengeksplor tempat-tempat menarik disana, seperti mengunjungi Pusat Jagaan Nur Murni yang merupakan tempat penitipan anak dengan rentang usia berkisar antara balita hingga anak yang duduk di sekolah dasar yang dititipkan oleh orang tua mereka karena alasan sudah tidak sanggup untuk merawat mereka. Peserta student exchange begitu menikmati interaksi dengan anak-anak disana dan mengajarkan kepada mereka cara mencuci tangan yang benar dan etika batuk yang benar untuk menghindari diri dari virus corona yang sedang mewabah. Mereka juga menikmati snack bersama sambil saling bercerita dan bercanda. UNIMAS menjadi saksi bahwa ikatan antara peserta delegasi student exchange dan panitia disana begitu dekat, bukan hanya sebagai hubungan antara panitia dengan delegasi, akan tetapi sudah seperti membentuk sebuah keluarga. Ikatan itu tumbuh seiring berjalannya waktu. Seperti saat mereka bermain netball dan futsal bersama, berkeliling UNIMAS dengan sepeda, dan mereka juga diperkenalkan permainan dan baju tradisional dari Sarawak. Momen paling berkesan adalah saat mereka jalan-jalan berkeliling kota Kuching bersama dan momen barbeque party di villa.

Begitu banyaknya pengalaman menarik dan keseruan pada saat student exchange tersebut diharapkan mahasiswa kedokteran Universitas Jember dapat mengambil segala peluang yang ada untuk mengembangkan diri kita masing-masing. Karena dengan sharing dan bertemu orang-orang di luar lingkungan kita bisa membuka dan mendorong diri untuk menjadi lebih maju dan membuka pola pikir kita menjadi lebih luas. Semangat !

Oleh: Adistha EN