+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Ditengah Pandemi COVID-19, tidak menyurutkan semangat Civitas Akademika Fakultas Kedokteran Universitas Jember untuk melaksanakan penyembelihan hewan Qurban pada Idul Adha 1441 H ini. Tentunya, penyembelihan hewan Qurban ini menerapkan prosedur protokol kesehatan yang berlaku. Penyembelihan hewan Qurban tahun ini diinisiasi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jember (BEM FK UNEJ) dan Islamic Medical Student Association Fakultas Kedokteran Universitas Jember (IMSAC FK UNEJ) yang bekerja sama dengan Lembaga Sosial, RIZKI cabang Jember.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dr. Supangat, M.Kes., Ph.D., Sp.BA., terus menghimbau kepada panitia untuk terus berhati-hati dan tetap mengikuti protokol kesehatan dalam pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban ini, karena berpotensi terjadi kerumunan banyak orang dalam proses pemotongannya. Oleh karena itu, dilakukan pembatasan jumlah panitia yakni hanya 8 perwakilan dari BEM FK UNEJ dan 8 perwakilan dari IMSAC FK UNEJ. Adapun hewan Qurban yang disembelih sejumlah 6 ekor kambing yang merupakan amanah dari para civitas akademika, baik dosen hingga mahasiswa.

 

Proses pemotongan hewan Qurban diambil alih oleh pihak lembaga RIZKI, yang berlokasi di Jalan Bakso Kabut, Kemuning Lor, Arjasa, Kabupaten Jember pada pukul 07:00-10:00 WIB. Saat Pemotongan didampingi dan diawasi oleh 4 panitia untuk meminimalkan kerumunan dan memastikan penyembelihan telah memenuhi protokol kesehatan yang berlaku. Adapun pembagian daging Qurban dilaksakan di Kampus FK UNEJ pada pukul 11:00-13:00 WIB dengan sasaran civitas akademika dan masyarakat sekitar FK UNEJ yang berhak dan membutuhkan dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan yakni berjarak 1 meter dalam antrian dan tentunya menggunakan masker dalam pengambilan daging Qurban.