+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Dalam rangka mendukung visi dan misi Fakultas Kedokteran Universitas Jember di bidang agromedis. Tim Hibah Inovasi TPA agromedis bekerja sama dengan Dharma Wanita Fakultas Kedokteran Universitas Jember membuat Taman Pengasuhan Anak (TPA) bercirikan agromedis.

Dalam sambutannya diselah-sela waktu pengambilan gambar untuk peresmian TPA Agromedis Dharma Wanita Fakultas Kedokteran Universitas Jember, Jumat 09 Oktober 2020. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember dr. Supangat, M.Kes., Ph.D, Sp.BA menjelaskan begitu pentingnya menyiapkan generasi muda sejak dini, karena 20 tahun ke depan merekalah yang akan melanjutkan apa yang telah kita lakukan. Karena itulah dr. Supangat sangat mengapresiasi kerjasama yang telah dilakukan oleh Dharma Wanita Fakultas Kedokteran Universitas Jember dengan beberapa tim yang terkaid dalam pembentukan TPA Agromedis DW FK Unej ini.

Hibah inovasi ini merupakan program hibah PPBI dari LP2M, tim hibah yang terdiri dari empat dosen dari 3 Fakultas, meliputi Fakultas Kedokteran oleh dr.Kristianningrum Dian Sofiana,M.Biomed, dan dr.Inke Kusumastuti,M.Biomed, Sp.KJ, FKIP Prodi PAUD oleh Luh Putu Indah Budyawati S.Pd, M.Pd, dan FISIP oleh Belqis H Nufus S.Sos. M.Kesos. Bekerjasama dengan Dharma Wanita Fakultas Kedokteran Universitas Jember yang diketuai oleh dr.Ina Sulistyaningsih,Sp.Rad.

Latar belakang pembuatan TPA ini adalah membantu pengasuhan yang berkualitas bagi ibu ibu bekerja, dimana menggabungkan kesehatan dan pengasuhan anak usia dini dengan kekhasan agromedis yang merupakan visi misi dari Fakultas Kedokteran Universitas Jember.

Kekhasaan ini ditinjau dari penataan lingkungan di TPA dan juga nantinya masuk ke dalam kurikulum TPA ini sendiri. Kolaborasi tim inovator dari 3 fakultas yang berbeda ini diharapkan bisa saling melengkapi dengan adanya pembagian tugas. Kedokteran sebagai pendukung sisi kesehatan, FKIP Prodi PAUD sebagai pendukung sisi pengasuhan, dan Fisip mendukung sisi organisasi dan Pihak Dharma Wanita sebagai operasional.

Susunan pengurus TPA agromedis Darma Wanita Fakultas Kedokteran Unej tersusun atas Penanggung Jawab dr.Elly Nurus Sakinah,M.Si, Ketua Pengurus Ny.Andriati K,SE, Kepala Sekolah TPA Agromedis Ny.Putri Meliani, Sektetaris dr.Dini Agustina, M.Biomed, dan bendahara Ny.Dianingsih Erfan.

Dalam masa pandemi ini Tim inovator dan Tim TPA dari Dharma wanita memepersiapkan fasilitas pendukung pembelajaran dan peningkatan SDM. Fasilitas pembelajaran yang sudah ada adalah bioflog disebelah gedung TPA, sedangkan fasilitas yang baru selesai adalah Taman Pembelajaran yang didesain oleh dr.Sheilla Rachamania, M.Biotek. Selain itu juga diadakan kulia- kuliah whats up dalam meningkatkaan kompetensi tim.

TPA agromedis Darma Wanita Fakultas Kedokteran Universitas Jember akan segera dibuka setelah pandemi terkendali. Dengan pelayanan utama pengasuhan anak usia dini oleh staf yang berpengalaman dan dibimbing oleh dosen-dosen di bidang kesehatan dan pendidikan anak usia dini, tidak menutup kemungkinan akan memperluas layanan selain pengasuhan. Kekhasan TPA ini selain pengasuhan yang juga memperhatikan aspek tumbuh kembang dan kesehatan, juga mengajarkan anak anak harmoni dengan lingkungan yang terintegrasi dalam kurikulum dan fasilitas pembelajarannya.

Diharapkan dengan adanya TPA membantu pengasuhan yang berkualitas, meningkatkan produktivitas ibu bekerja,membumikan konsep agromedis sejak dini dan meningkatkan Tri Dharma dosen dosen di Universitas Jember.

Penulis dr.Kristianningrum Dian Sofiana,M.Biomed.