+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Kamis, 12/4/2018. TBM Vertex mengirimkan 8 delegasi antara lain saudara Ghani Silahuddin, Moch. Syahruz, Alfian Zulkifli, Eqiel Navadz, Mutiara Aprilina, Regina Finka, Anis Talitha, dan Lailatis Shofia pada ajang Meridien Cup VII oleh TBM FKK UMJ. Para Delegasi ini disambut dengan Technical Meeting Offline di Aula Theater 1.

Jumat, 13/4/2018. terdapat 3 agenda, yang pertama Upacara Pembukaan di Lapangan FKK UMJ, acara ini merupakan prosesi seremonial untuk membuka  acara Meridien Cup VII di Jakarta. Acara ini dibuka dengan pemberian sambutan dari Pembina TBM Meridien. Dalam Opening Ceremony ini juga ditampilkan beberapa penampilan dari panitia sendiri berupa tari saman.

Setelah itu, dilanjut dengan agenda yang kedua yaitu Seminar Kegawatdaruratan pada Kecelakaan Lalu Lintas dan Kardiovaskuler di Aula FKK UMJ. Penyampaian materi Kegawatdaruratan Kardiovaskuler oleh dokter spesialis dan materi Emergency of Traffic Accident oleh BASARNAS.Setelah seminar berakhir dilanjutkan dengan Workshop Pemasangan AED dan Evacuation and Management in Traffic Accident. Para delegasi dibagi menjadi 2 kelompok besar dimana dalam setiap kelompok besar ini dibagi lagi menjadi 3 kelompok kecil. Kelompok besar yang pertama melakukan workshop tentang penggunaan KED yang dibimbing langsung oleh BASARNAS. Di sini delegasi diberi pengetahuan tentang cara penggunaan KED pada kecelakaan lalu lintas pada kendaraan roda  4 atau lebih. Workshop dilakukan di halaman Kampus FKK UMJ.Sedangkan kelompok besar yang kedua melakukan workshop medis. Dimana mereka  melakukan worshop mengenai BLS yaitu pemasangan dan penggunaan AED (Automatic External Defibrilator) di Kampus FKK UMJ. Workshop dimulai dengan simulasi ketika terdapat korban tidak sadarkan diri, tindakan CPR, dan pemasangan AED hingga korban mencapai ROSC. Kemudian kedua kelompok besar ini bertukar tempat.

Sabtu, 14/8/2018. Hari inilah inti dari Meredien Cup VII yaitu Lomba Simulasi Kegawatdaruratan pada Kecelakaan Lalu Lintas dan Kardiovaskuler. Sebelum memulai simulasi, beberapa tim yang sudah memenuhi giliran untuk tampil dipersilahkan untuk memasuki ruang karantina.Setiap tim yang beranggotakan 8 orang diharuskan untuk mengevakuasi, menyelamatkan, dan merujuk korban simulasi. Masing-masing tim diberikan waktu 25 menit untuk melakukan penanganan. Terdapat juri medis dan juri evakuasi yang siap melakukan penilaian kepada masing-masing tim. Kemudian dilanjut dengan Cerdas Cermat Tanggap Kegawatdaruratan Medis dan Non Medis.Lomba cerdas cermat dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi Penyisihan dan Final. Tim terbaik pada babak final dinyatakan sebagai pemenang pada lomba cerdas cermat tanggap.

Agenda berikutnya adalah Closing Ceremony. Bertempat di Aula FKK UMJ. Acara ini merupakan penutupan dari seluruh rangkaian kegiatan Meridien Cup VII. Pada acara ini pula diumumkan pemenang Meridien Cup VII. Untuk pemenang Meridien Cup VII yaitu juara 1 TBM Janarduta dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, juara 2 TBM BEM IKM FK UI dari Fakultas Indonesia, juara 3 TBM Vertex Fakultas Kedokteran Universitas Jember.

Minggu, 15/8/2018. Kegiatan yang dinantikan untuk refreshing adalah City Tour. City Tour dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah. Agenda meliputi foto bersama dan berkunjung ke setiap bagian Taman Mini Indonesia Indah. Kemudian setiap delegasi dipersilahkan untuk persiapan pulang.

Alhamdulillah sekali TBM Vertex dapat memenangkan juara 3 pada Meridien Cup VII 2018. Semoga prestasi ini tetap bisa dipertahankan, aamiin.

Selengkapnya tentang TBM VERTEX FK UNEJ

Related Post

%d bloggers like this: