+62 331 337877 fk@unej.ac.id

    POKEMON (Project for Kids through Education and Management on Nutrition) merupakan salah satu kegiatan dari COMDEV (Community Development) CIMSA UNEJ. POKEMON sendiri telah dilaksanakan sejak 2016 dan menjadi kegiatan yang berkelanjutan yang dilaksanakan CIMSA UNEJ setiap bulannya. POKEMON memiliki tujuan untuk meningkatkan status gizi siswa-siswi di SDN Karangrejo V, Sumbersari, Jember, Jawa Timur. Hal ini dikarenakan siswa-siswi SDN Karangrejo V cenderung memiliki status gizi antara baik hingga kurang (80%). Hal ini dapat dilihat dari postur tubuh siswa-siswi yang kebanyakan kurus dan pendek. Sedangkan untuk siswa yang memiliki status gizi lebih sangat jarang ditemui pada SDN Karangrejo V ini. Kegiatan yang dilakukan saat pelaksanaan POKEMON adalah memberikan materi yang berkaitan dengan makanan sehat serta pola hidup sehat kepada seluruh siswa. Setelah pemberian materi dilanjutkan dengan games yang berhubungan dengan materi agar seluruh siswa dapat me-review materi dengan cara yang menyenangkan dan tidak lupa adanya berbagai doorprize peralatan sekolah yang membuat siswa-siswi lebih aktif saat pelaksanaan kegiatan.

    Pada hari Sabtu, 8 September 2018 POKEMON melaksanakan kegiatan intervensi dengan memberikan pembinaan kepada para calon dokter kecil di SDN Karangrejo V yang sekaligus sebagai kader POKEMON atau disebut nutritionist cilik nantinya. Adik-adik yang berjumlah 10 anak dari kelas 4 dan 5 terlihat sangat antusias dan bersemangat mengikuti serangkaian pembinaan dari kami. Pada awal kegiatan, kami melakukan perkenalan  dengan masing-masing calon dokter kecil dan meminta mereka satu per satu maju ke depan untuk memperkenalkan diri. Hal ini juga sebagai sarana meningkatkan rasa percaya diri masing-masing calon dokter kecil sebelum nantinya menjadi kader yang mengedukasi teman, keluarga, serta masyarakat di sekitarnya. Beberapa materi yang kami berikan sebagai pembekalan kepada calon dokter kecil sebagai berikut : materi tentang “Tujuh Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat”, UKS, dan pengenalan dokter kecil yang sesuai dengan Buku Panduan Program Sekolah Sehat. Kami juga melakukan ice breaking di tengah-tengah pemberian materi agar para calon dokter kecil tidak bosan. Selain itu, agar lebih bersemangat kami juga menciptakan yel-yel dokter kecil yaitu

   DOKTER KECIL SDN KARANGREJO V ?

   AKU SEHAT, KAMU SEHAT, SEMUA SEHAT, YEEES!

  Lalu, untuk pelaksanaan POKEMON itu sendiri, yel-yel yang kami ciptakan agar mudah diingat oleh siswa-siswi adalah POKEMON GO? MAKAN SEHAT, AKU KUAT, PIKA PIKA GOOO! Semoga kedepannya adik-adik dokter kecil bisa ikut serta dalam mengajak teman, keluarga, serta masyarakat sekitar untuk hidup sehat. Aamiin.

Related Post

%d bloggers like this: