+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Ketika bergandeng tangan dengan orang lain, tubuh akan terstimulasi dan memicu munculnya sejumlah hormon. Hal ini bisa menimbulkan sejumlah manfaat baik secara fisik atau mental secara tak terkira. Dipandu oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember dr. Supangat, M.Kes., Ph.D., Sp.BA sambil menyanyikan lagu “ Masa Tua Masa Bahagia” (Mars Lansia), semua bergandengan tangan dan bernyanyi riang menggambarkan betapa senangnya pagi ini bisa hadir bertemu teman-teman dan berkumpul di Fakultas Kedokteran Universitas Jember.

Banyak manfaat dari bergandengan tangan, selain menjalin hubungan lebih baik, bergandengan tangan juga mampu menghilangkan rasa takut, karena bergandeng tangan dengan orang yang dipercaya bisa menenangkan diri dan membuat merasa aman. Selain memberi rasa aman, bergandeng tangan juga memberi kekuatan bagi tubuh untuk melawan rasa takut secara efektif, selain itu bergandeng tangan bisa menenangkan saraf dan menurunkan tekanan darah. Ketika bergandeng tangan tubuh bisa merasa lebih aman sehingga mampu membuat tekanan darah menurun lebih cepat dan bergandeng tangan bisa mengaktifkan are otak yang mampu menurunkan tingkat stres. Ketika otak berada pada kondisi tenang dan nyaman, maka kesehatannya juga akan meningkat.

Bersama Fakultas Kedokteran Universitas Jember, Yayasan Gorontologi Abiyoso Kecamatan Kabupaten Jember. Pagi ini Jum’at 07 Februari 2020, selaras bersama meningkatkan keakraban dengan saling bergandengan tangan. Semua sehat dan semua bahagia.