Agromedis – Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK UNEJ) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan medis dengan mengadakan pelatihan pelatih pasien standar untuk Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Kegiatan ini diikuti oleh beberapa dosen dari FK UNEJ serta beberapa dokter dari berbagai rumah sakit di Jember, Selasa, 7 Mei 2024.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini diadakan di kampus FK UNEJ dan dihadiri oleh sekitar 13 peserta. Para peserta dilatih oleh instruktur berpengalaman yang memiliki sertifikasi dalam bidang OSCE. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pelatih dalam mempersiapkan pasien standar untuk ujian OSCE, yang merupakan salah satu komponen penting dalam UKMPPD.

Dekan FK UNEJ, dr. Ulfa Elfiah, dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan ini adalah bagian dari upaya fakultas untuk memastikan standar tinggi dalam pendidikan kedokteran. “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan bagi mahasiswa kedokteran. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para pelatih dapat lebih efektif dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi ujian OSCE,” ujarnya.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari rumah sakit-rumah sakit di Jember yang mengirimkan dokter mereka untuk mengikuti pelatihan. Dengan melibatkan dokter-dokter kami dalam pelatihan ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pendidikan kedokteran dan pelayanan Kesehatan.

Selain sesi materi dan simulasi, pelatihan ini juga diisi dengan diskusi dan tanya jawab yang interaktif. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi, menunjukkan keseriusan mereka dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan klinis. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada para peserta sebagai bukti partisipasi dan kompetensi mereka dalam menjadi pelatih pasien standar OSCE.

Dengan berakhirnya pelatihan ini, diharapkan para dosen dan dokter yang telah mengikuti pelatihan dapat menerapkan ilmu yang didapat dalam proses pembelajaran dan penilaian di FK UNEJ serta di rumah sakit masing-masing. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran di Universitas Jember dan memberikan dampak positif bagi pelayanan kesehatan.

Penulis: AKR

Share This