Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada Minggu, 16 April 2017 kemarin telah dilaksanakan kegiatan Forum Diskusi Mahasiswa (FODISMA) di Gedung Soetardjo Universitas Jember. Fodisma merupakan sebuah acara yang rutin diadakan setiap tahunnya oleh BEM FK UNEJ, dimana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa kesehatan untuk berpikir kritis terhadap isu-isu terkait kesehatan yang ada dan memfasilitasi mahasiswa kesehatan untuk berdikusi mengenai isu-isu tersebut dengan stakeholder terkait. Fodisma tahun ini mengusung tema Nusantara Sehat dan diikuti oleh mahasiswa di fakultas kesehatan Universitas Jember maupun beberapa instansi luar namun bertempat di Jember.
Acara Fodisma pada tahun ini mengundang langsung Kepala Bidang Pendayagunaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Dalam Negeri Kementrian Kesehatan RI yakni dr. Mawari Edy, M. Epid dan Member of Team Nusantara Sehat yakni Luqman Suyanto Putra, S.KM selaku narasumber dari pihak stakeholder pelaksana kebijakan terkait. Selama berjalannya diskusi, kegiatan ini dipandu oleh moderator yakni dr. Ancah Caesarina Novi. M, Ph.D.
Penyampaian materi pertama terkait program Nusantara Sehat sendiri disampaikan oleh dr. Mawari Edi, M. Epid. Nusantara Sehat merupakan program pemerintah dalam bentuk penugasan khusus tenaga kesehatan berbasis tim, yang paling sedikit terdiri atas 5 jenis tenaga kesehatan (dokter, dokter gigi, perawat, bidan, kesmas, kesling, ahli tek. lab med, tenaga gizi dan tenaga famasi). Tim tersebut nantinya akan ditempatkan di puskesmas di lokasi yang sudah ditentukan. Tujuan utama dari program ini adalah untuk menginisiasi pemerataan persebaran tenaga kesehatan.
Materi kedua disampaikan oleh Luqman Suyanto Putra, S. KM yang merupakan anggota dari Tim Nusantara Sehat di Puskesmas Bere-Bere, Kab Morotai, Provinsi Maluku Utara. Materi kedua ini berisi tentang tips dan trik untuk dapat lolos tahapan seleksi Nusantara Sehat, pemaparan bagaimana situasi sebenarnya di lapangan dan sharing mengenai hal-hal yang didapat selama menjadi tim Nusantara Sehat. Acara ini ditutup dengan diskusi antara peserta dan kedua pemateri mengenai materi yang telah disampaikan.
Dengan diadakannya Fodisma tahun ini diharapkan dapat lebih membuka wawasan mahasiswa keehatan di Jember tentang Nusantara Sehat dan nantinya dapat meningkatkan minat untuk ikut berpartisipasi dan menjadi bagian dari tim Nusantara Sehat.

Translate »