+62 331 337877 fk@unej.ac.id

Hari Minggu 17 September 2018, Mahasiswa IMSAC FK UNEJ melaksanakan kegiatan bakti sosial bertempat di bangsal anak Rumah Sakit dr Soebandi Jember. Para pasien anak tersebut terlihat kurang bersemangat dengan kondisinya yang sakit. Dengan latar belakang itulah, IMSAC FK UNEJ mengadakan kegiatan yang bertujuan menghibur dan memberikan edukasi serta motivasi kepada pasien-pasien anak tersebut.

Hiburan dan edukasi dilakukan langsung oleh para mahasiswa kepada pasien anak sebanyak 7 orang. Selain pasien anak, para orang tua juga tak kalah antusias menemani anak-anaknya. Kegiatan pertama yang dilakukan mahasiswa adalah mengajak anak-anak untuk mempraktekan cara 7 langkah mencuci tangan dengan benar. Dengan alunan backsound, mahasiswa bersemangat mencontohkan gerakan-gerakan beserta nyanyian 7 langkah mencuci tangan agar mudah diingat oleh anak-anak. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan ice breaking untuk mencairkan suasana yang sebelumnya lumayan harus membuat anak berpikir. Ice breaking dilakukan oleh 2 mahasiswa dengan menampilkan sulap ‘uangnya hilang kemana?’. Hal ini membuat anak-anak semakin bersemangat.

Edukasi selanjutnya adalah mencontohkan makanan dan minuman mana saja yang baik atau kurang baik bagi tubuh anak-anak. Dengan berbagai gambar-gambar makanan dan minuman yang ditampilkan, anak-anak pun memperhatikan dengan baik apa yang dijelaskan oleh kakak-kakak mahasiswa. Sampai pada kegiatan terakhir yaitu pembacaan dongeng yang berjudul ‘Semut dan Gajah’. Mahasiswa-mahasiswa FK UNEJ menunjukkan kemampuan akting pada peran beberapa binatang yang ada di dongeng. Pembacaan dongeng ke anak-anak ini bertujuan untuk menyampaikan pesan moral yang terkandung dalam cerita yaitu ‘Baik makhluk yang besar maupun kecil pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan. Maka dari itu, janganlah sombong dengan apa yang sudah dimiliki’.

Selain kegiatan-kegiatan edukasi yang sudah dilakukan di atas, anak-anak juga mendapatkan hadiah berupa balon. Hadiah ini bertujuan untuk menambah keceriaan mereka yang nantinya dapat membuat mereka semakin termotivasi untuk cepat sembuh.

Related Post

%d bloggers like this: